Gak Tahu Kasih Kemana? 6 Cara Tepat Supaya Donasimu Tepat Sasaran
Sumber: charitydigitalnews.co.uk

Finance / 27 August 2018

Kalangan Sendiri

Gak Tahu Kasih Kemana? 6 Cara Tepat Supaya Donasimu Tepat Sasaran

Lori Official Writer
1897

Kita percaya bahwa gak sedikit orang di bangsa ini punya hati untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Sekalipun kondisi ekonominya mungkin pas-pasan, tapi pola pikir soal memberi benar-benar mendorong mereka untuk tidak menunda menolong orang lain.

Tapi masalahnya adalah ada saja di antara mereka yang gak tahu harus mendonasikan uang atau apa yang dimilikinya. Apa kamu sedang ada dalam kondisi ini?

Berikut 6 cara tepat menyumbangkan donasi ke tempat atau orang yang tepat.

1. Pastikan penerima donasi bekerja untuk tujuan kebaikan

Sebelum mendonasikan sesuatu yang kamu punya ke sebuah lembaga, organisasi atau seseorang pastikan kalau di penerima benar-benar membutuhkannya untuk sesuatu yang bertujuan baik. Misalnya,lembaga anak, pelayanan penginjilan, atau misi sosial.

“Tetapi engkau, beritakanlah apa yang sesuai dengan ajaran yang sehat…” (Titus 2: 1)

2. Apakah penerima mengalokasikan donasi dengan tepat?

Sebelum menyumbangkan donasimu, cari tahu lebih dulu latar belakang dan sepak terjang tempat dimana kamu akan memberikan donasimu. Pastikan apakah organisasi/lembaga atau dia mengalokasikan donasi dengan tepat? Menyalurkan donasi untuk tujuan utamanya?

“Dan sebagian jatuh di tanah yang baik lalu berbuah: ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat.” (Matius 13: 8)

3. Pastikan apakah penerima bisa memakai donasi dengan bijak

Supaya kamu gak cemas kalau-kalau donasimu malah disalahgunakan, cari tahulah setiap hal yang mereka lakukan untuk kepentingan pelayanannya. Pastikan pula apakah penerima benar-benar mengelola keuangannya dengan bijak dan sesuai kebutuhan atau malah menghamburkannya tanpa perencanaan yang bijak.

“Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.” (1 Korintus 4: 2)

Baca Juga : Berdonasi Untuk Bantu Orang Lain, Apa Sih Yang Alkitab Sampaikan Soal Tindakan Ini?

4. Pilihlah tempat yang benar-benar akuntabel

Pastikan kalau penerima benar-benar terbuka dan jujur dengan pekerjaan pelayanan yang mereka kerjakan. Bahkan dalam hal keuangan pun apakah mereka benar-benar terbuka?

“Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasihat banyak.” (Amsal 15: 22)

5. Berdoalah sebelum menentukan memberi donasi

Mintalah hikmat dari Tuhan supaya kamu bisa menemukan tempat atau orang yang tepat untuk menyumbangkan donasimu. Mulailah dengan mendoakannya.

“Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.” (Matius 7: 7)

6. Berikan saat Tuhan sudah memintanya

Percayalah bahwa setelah kamu berdoa dan meminta tempat yang tepat untuk menyumbang donasimu, Tuhan akan membukakan jalan. Karena itu pekalah dengan suara Tuhan dan saat kamu sudah mendengarnya lakukanlah tanpa menunda.

“Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga. Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.” (2 Korintus 9: 6-7)

Saat kamu punya beban untuk memberi kepada orang lain saja sudah jadi satu hal yang sangat positif. Jadi, supaya niat baikmu bermanfaat untuk menolong orang lain, cobalah mengikuti beberapa langkah di atas.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami