Duduk Terlalu Lama Bikin Resiko Cepat Mati? Saatnya Hidup Sehat Dengan 5 Cara Ini!
Sumber: palembang.tribunnews.com

Health / 27 August 2018

Kalangan Sendiri

Duduk Terlalu Lama Bikin Resiko Cepat Mati? Saatnya Hidup Sehat Dengan 5 Cara Ini!

Naomii Simbolon Official Writer
2192

Apakah kamu berpikir untuk menjalani gaya hidup yang sehat setelah kamu melihat foto dari seseorang yang terlihat bugar di media sosial?

Apa yang mungkin tidak semua orangtahu adalah bahwa hidup sehat itu nggak sesulit yang dipikirkan untuk dijalani, asal kita tahu apa yang harus kita lakukan.

Di bawah ini, saya akan bagikan beberepa tips praktis yang akan membantu kamu untuk menjalani gaya hidup yang sehat seperti yang kamu inginkan.

1. Minum air putih lebih banyak

Ini adalah dasar pertamanya yang harus kita lakukan. Menurut penelitian, kita harus minum 3.01 Liter per hari untuk pria dan untuk wanita 2,21 liter per hari. Jumlah ini jangan dianggap enteng karena adanya beberapa orang membutuhkan air lebih banyak pas lagi beraktivitas, suhu lingkungan tinggi dan lain sebagainya.

Tubuh terdiri dari 60% air. Hal ini sangat jelas membuktikan betapa pentingnya tubuh kita terhidrasi sepanjang hari.

Cobalah untuk mengkomsumsi setidaknya 0.5 liter ketika kita bangun di pagi hari untuk memulai hidup yang sehat. Karena pada bangun tidur,tubuh biasanya mengalami dehidrasi.

Kemudian, rencanakan dengan tepat kapan waktu untuk meminum air di setiap waktu kamu.

Disarankan untuk membawa botol minum berisi air kemanapun kamu  pergi untuk memudahkan kamu menjalani gaya hidup sehat.

2. Cuci tangan

Kita semua tahu bahwa mencuci tangan itu baik setelah dari toilet, sebelum makan dan lain-lain, namun sayangnya hanya 12% orang yang mencuci tangan mereka sebelum makan.

Kamu mungkin bukan salah satunya.

Manfaat mencuci tangan itu sangat bagus loh, salah satunya menurunkan kemungkinan diare dan masalah usus seperti terkena bakteri lebih sedikit, sehingga lebih sedikit kesempatan untuk infeksi dan terkena penyakit apapun.

3. Menciptakan rutinitas tidur yang sehat untuk diri sendiri

Ada begitu banyak orang yang sukses dalam hidupnya namun tidur hanya 3-5 jam, tetapi penyanyi cantik Mariah Carey mengatakan bahwa dia membutuhkan tidur 15 jam sehari.

Terus, pertanyaannya, sebenarnya berapa jam sehari sih yang kita butuhkan?

Jawabannya adalah, nggak ada yang tahu. Jadi kamu harus bereksperimen untuk itu. Rencanakan jam tidur kamu, lalu catat gimana perasaan kamu setelah bangun tidur. Temukan spot tidur terbaik kamu.

4. Carilah olahraga yang menyenangkan hatimu

Olahraga sebenarnya nggak harus menjadi sebuah kewajiban, tetapi seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Kamu bisa berolahraga dan jadikan itu sebagai rutinitas harian kamu dan terapkan latihan yang ringan yang kamu sukai setiap hari.

Entah itu berjalan dari rumah ke kantor. Daripada menonton TV, mending temani anjing dan berjalan-jalan di sore hari, dan berbagai latihan olahraga lainnya yang seru.

5. Duduklah lebih sedikit

Waktu duduk meningkatkan waktu kematian. Dalam sebuah penelitian, mereka menemukan bahwa orang-orang yang duduk lebih lama atau nggak aktif beresiko lebih tinggi mengalami kematian dibanding orang yang duduk sedikit alias aktif.

Kalau kamu olahraga tetapi banyak duduk, kamu tetap nggak sehat.

Jadi turunlah dari kursi dan bergeraklah. Atur waktumu untuk duduk selama 25 menit dan pastikan berjalan selama 5 menit. Itulah cara yang bagus untuk membuat kamu tetap duduk namun sehat.

Gimana? 5 cara membangun gaya hidup sehat di atas patut banget ditiru, nggak susah namun sederhana. Tertarik melakukannya mulai sekarang? 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami