Cek-cok Rumah Tangga Karena Pekerjaan Rumah Bisa Diselesaikan Dengan 4 Hal Ini, Lho
Sumber: https://bloximages.newyork1.vip.townnews

Marriage / 24 August 2018

Kalangan Sendiri

Cek-cok Rumah Tangga Karena Pekerjaan Rumah Bisa Diselesaikan Dengan 4 Hal Ini, Lho

Inta Official Writer
2061

Berdasarkan sebuah riset dari Pew Research Center Poll, 62% orang dewasa menyatakan kalau berbagi pekerjaan rumah sangat penting dalam kesuksesan. Mereka yang tidak bisa membagi tugas pekerjaan rumah dengan baik, maka kehidupan pernikahannya akan dipenuhi oleh banyak keluhan dari kedua belah pihak.

Kebanyakan pekerjaan rumah yang paling sering menjadi konflik adalah keputusan tentang pola asuh anak dan disiplin. Dari generasi ke generasi, tanggung jawab untuk hal semacam di atas ini selalu jatuh pada pihak ibu. Namun, hal ini tidak berarti ayah punya alasan untuk menyerahkan seluruh pola pengasuhan pada ibu.

Diperlukan sebuah diskusi yang cukup serius untuk membahas soal pembagian tugas di rumah ini. Sebagai solusinya, yuk kita coba beberapa cara di bawah ini.

1. Mengangkat pembicaraan soal hal ini

Seperti yang disebutkan di atas, ada baiknya kita meluangkan waktu untuk berdiskusi terbuka mengenai peran kita sebagai suami dan istri dalam pernikahan. Pada waktu ini, kita bisa mulai pembicaraan dengan mengutarakan hal yang kita inginkan.

2. Buatlah setiap keinginan tersebut menjadi kenyataan

Setelah kita dan pasangan saling terbuka terhadap hal-hal yang kita inginkan dalam kehidupan rumah tangga, kini adalah giliran kita untuk mengabulkan permintaan tersebut menjadi kenyataan. Fokuslah pada apa yang akan kita lakukan untuk membuat keadaan atmosfir rumah menjadi lebih baik, bukan justru sebaliknya.

3. Membagi tugas berdasarkan minat dan keterampilan

Tentu saja kita punya kriteria pekerjaan yang disukai dan tidak disukai. Kuncinya adalah membicarakannya secara terbuka, seperti yang ada pada poin pertama di atas. Misalnya, istri memang lebih pintar dalam mengelola keuangan, sementara suami lebih bisa dalam memperbaiki sesuatu.

Istri bisa memilih untuk mencuci, sementara suami akan merapikan pakaian yang telah dicuci dengan setrika. Mintalah tugas yang menarik dan kita sukai, sehingga kita jadi lebih semangat dalam mengerjakannya.

4. Saling membantu saat pasangan mengalami kesulitan

Tentu saja dalam kehidupan ini, kita pasti menemukan pekerjaan yang sama-sama tidak disukai. Misalnya tidak ada yang sama-sama menyukai mengatur uang, atau tidak ada yang menyukai pekerjaan untuk membersihkan kamar mandi.

Saat menemukan hal ini, baik kita atau pasangan harus mau mengalah atau justru mengerjakan pekerjaan tersebut bersama. Ketika keadaan memungkinkan, kita juga bisa menawarkan untuk memberi bantuan saat melihat pasangan kelihatan kelelahan ketika mengerjakan tugas rumah.

Terakhir, diperlukan sebuah kerja sama yang baik untuk membangun rumah tangga yang harmonis. Setelah kita mencapai kesepakatan mengenai pekerjaan masing-masing, berikan apresiasi kepada pasangan atas inisiatif dan kesediannya untuk ikut andil dalam pekerjaan rumah. Penghargaan tidak selalu harus berupa materi. Terkadang, cukup ucapan terima kasih pun sangat manis untuk didengar dan membuat keadaan menjadi semakin hangat. 

Sumber : jon
Halaman :
1

Ikuti Kami