Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
661


Nama Jack Ma pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pendiri perusahaan e-commerce Alibaba.com ini nggak cuma bikin dirinya kaya, tapi juga sukses membangun sebuah bisnis yang menjadi salah satu pintu gerbang perekonomian di negerinya. Bukan teknisi komputer, siapa yang menyangka kalau sebelumnya, Jack Ma hanyalah seorang guru sederhana dengan kehidupan yang serba pas-pasan.

Sebagai generasi yang hidup ditengah-tengah percepatan teknologi, kita pasti pengin jadi pribadi yang berpengaruh bagi sekitar, mirip seperti Jack Ma. Kalau ingin jadi ahli, kita perlu mencari guru yang terbaik. Karena itu, yuk simak pelajaran yang bisa kita teladani dari kesuksesan Jack Ma di bawah ini.

1. Fokus pada solusi

Di kutip dari IDN News, generasi milenial merupakan generasi yang paling terdidik yang pernah ada. Sayangnya, generasi ini juga dikenal dengan tingginya angka pengangguran. Jangan heran kalau kebiasaan mengeluh kayaknya sudah menjadi bagian dari mereka.

Soal fakta ini, Jack Ma mengatakan kalau peluang itu berada di antara keluhan orang-orang. Peluang itu menuntut kepekaan untuk menjawab permasalahan yang ada di sekeliling kita. Jack Ma mengajak kita untuk menjadi orang pertama yang maju untuk berusaha menyelesaikan setiap permasalahan tersebut.

2. Menjadi pemimpin yang baik

Soal kepemimpinan, Jack Ma pernah berkata, “tiga puluh persen orang pasti tidak akan mempercayaimu. Jangan biarkan rekan kerja dan karyawan bekerja untuk dirimu. Biarkan mereka bekerja untuk sebuah tujuan yang umum.”

Jack Ma menyadari kalau sulit untuk menyatukan banyak pikiran menjadi satu yang sesuai dengan keinginannya. Dibandingkan dengan memilih mereka yang mau menyenangkan hatinya, Jack Ma lebih memilih mereka yang punya satu tujuan yang sama.

Bersama Alibaba, Jack Ma tidak pernah berkata kalau Alibaba adalah kepunyaan dirinya, karyawan atau para investor. Ia selalu menjelaskan bahwa Alibaba punya tujuan untuk mempermudah konsumen dan pelaku bisnis.

3. Memiliki sikap yang tahan banting

Banyak orang yang bepikir kalau modal dan relasi akan menjadikan bisnis kita semakin besar. Jack Ma mematahkan hal ini. Saat memulai Alibaba, Jack Ma hanya membekali dirinya dengan sebuah pengharapan. Bahkan, ia juga tidak mempunyai kapasitas yang mumpuni dalam bidang teknologi.

Jack Ma punya keyakinan yang kuat dalam dirinya, sehingga hal ini menjadi seperti sebuah magnet bagi orang-orang sekitarnya. Dengan kegigihan dan tidak kenal kata menyerah, Jack Ma berhasil menggerakan mereka yang bekerja bersamanya untuk memberikan potensi yang terbaik untuk membangun Alibaba.

Sejak ia memulai karirnya, Jack Ma memang dikenal karena kegigihannya. Ia menaruh minat pada bahasa Inggris sebab hal ini yang ia pikir akan membuatnya memiliki wawasan dan cara pandang yang luas. Sejak usia remaja Jack Ma rela menjadi pemandu gratis agar bisa mempraktikkan bahasa Inggrisnya. Kegigihan untuk terus memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi inilah yang mengantarkannya menjadi pendiri perusahaan raksasa sekelas Alibaba.

Selain 3 hal yang ada di atas, yuk simak 4 pelajaran lain yang bisa kita pelajari dari Jack Ma pada artikel selanjutnya, ya. 

Sumber : idntimes

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

iqbal rahmat 19 November 2018 - 21:26:59

The underlined word refers to

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7220

advertise with us