Jadi Salah Satu Orang Terkaya Dunia, Jack Ma Bagikan 7 Rahasia Kesuksesannya (Part 1)
Sumber: http://cdn2.tstatic.net/jogja/foto/bank/

Finance / 24 August 2018

Kalangan Sendiri

Jadi Salah Satu Orang Terkaya Dunia, Jack Ma Bagikan 7 Rahasia Kesuksesannya (Part 1)

Inta Official Writer
2038

Nama Jack Ma pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pendiri perusahaan e-commerce Alibaba.com ini nggak cuma bikin dirinya kaya, tapi juga sukses membangun sebuah bisnis yang menjadi salah satu pintu gerbang perekonomian di negerinya. Bukan teknisi komputer, siapa yang menyangka kalau sebelumnya, Jack Ma hanyalah seorang guru sederhana dengan kehidupan yang serba pas-pasan.

Sebagai generasi yang hidup ditengah-tengah percepatan teknologi, kita pasti pengin jadi pribadi yang berpengaruh bagi sekitar, mirip seperti Jack Ma. Kalau ingin jadi ahli, kita perlu mencari guru yang terbaik. Karena itu, yuk simak pelajaran yang bisa kita teladani dari kesuksesan Jack Ma di bawah ini.

1. Fokus pada solusi

Di kutip dari IDN News, generasi milenial merupakan generasi yang paling terdidik yang pernah ada. Sayangnya, generasi ini juga dikenal dengan tingginya angka pengangguran. Jangan heran kalau kebiasaan mengeluh kayaknya sudah menjadi bagian dari mereka.

Soal fakta ini, Jack Ma mengatakan kalau peluang itu berada di antara keluhan orang-orang. Peluang itu menuntut kepekaan untuk menjawab permasalahan yang ada di sekeliling kita. Jack Ma mengajak kita untuk menjadi orang pertama yang maju untuk berusaha menyelesaikan setiap permasalahan tersebut.

2. Menjadi pemimpin yang baik

Soal kepemimpinan, Jack Ma pernah berkata, “tiga puluh persen orang pasti tidak akan mempercayaimu. Jangan biarkan rekan kerja dan karyawan bekerja untuk dirimu. Biarkan mereka bekerja untuk sebuah tujuan yang umum.”

Jack Ma menyadari kalau sulit untuk menyatukan banyak pikiran menjadi satu yang sesuai dengan keinginannya. Dibandingkan dengan memilih mereka yang mau menyenangkan hatinya, Jack Ma lebih memilih mereka yang punya satu tujuan yang sama.

Bersama Alibaba, Jack Ma tidak pernah berkata kalau Alibaba adalah kepunyaan dirinya, karyawan atau para investor. Ia selalu menjelaskan bahwa Alibaba punya tujuan untuk mempermudah konsumen dan pelaku bisnis.

3. Memiliki sikap yang tahan banting

Banyak orang yang bepikir kalau modal dan relasi akan menjadikan bisnis kita semakin besar. Jack Ma mematahkan hal ini. Saat memulai Alibaba, Jack Ma hanya membekali dirinya dengan sebuah pengharapan. Bahkan, ia juga tidak mempunyai kapasitas yang mumpuni dalam bidang teknologi.

Jack Ma punya keyakinan yang kuat dalam dirinya, sehingga hal ini menjadi seperti sebuah magnet bagi orang-orang sekitarnya. Dengan kegigihan dan tidak kenal kata menyerah, Jack Ma berhasil menggerakan mereka yang bekerja bersamanya untuk memberikan potensi yang terbaik untuk membangun Alibaba.

Sejak ia memulai karirnya, Jack Ma memang dikenal karena kegigihannya. Ia menaruh minat pada bahasa Inggris sebab hal ini yang ia pikir akan membuatnya memiliki wawasan dan cara pandang yang luas. Sejak usia remaja Jack Ma rela menjadi pemandu gratis agar bisa mempraktikkan bahasa Inggrisnya. Kegigihan untuk terus memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi inilah yang mengantarkannya menjadi pendiri perusahaan raksasa sekelas Alibaba.

Selain 3 hal yang ada di atas, yuk simak 4 pelajaran lain yang bisa kita pelajari dari Jack Ma pada artikel selanjutnya, ya. 

Sumber : idntimes
Halaman :
1

Ikuti Kami