Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
458


Semakin bertambah usia tentu saja faktor kesehatan pun semakin menurun. Apalagi kalau kebiasaan makan sehat dan olahraga tak dijaga dengan baik, maka kualitas organ tubuh akan semakin melemah.

Itu sebabnya memasuki usia 30 adalah titik paling rawan bagi tubuh mengalami perubahan. Kekuatan yang semakin menurun menjadikan tubuh rentan terhadap berbagai penyakit, khususnya bagi kaum perempuan.

Perempuan di usia ini biasanya hidup dengan fokus utama pekerjaan, keluarga, anak-anak, kehamilan dan pernikahan. Sementara fokus terhadap kesehatan pribadi hampir tak pernah terpikirkan. Di sinilah titik masalah kesehatan perempuan berusia 30-an mulai terjadi.

Nah, untuk mengetahui masalah kesehatan apa yang sedang kamu alami, bisa mengeceknya lewat tanda-tanda atau gejala yang terjadi. Ada 7 jenis penyakit yang rentan menyerang mereka yang berusia 30-an diantaranya:

1. Benjolan di payudara ataupun perubahan tekstur kulit pada payudara


Meskipun kanker payudara bisa terjadi di semua usia, tapi penyakit mematikan yang satu ini seringnya terjadi pada perempuan paruh baya. Risiko kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia. Karena itu, tetap perhatikan segala bentuk perubahan pada payudar. Adanya benjolan atau perubahan tiba-tiba pada tekstur payudara bisa jadi indikasi kuat kamu sedang mengalami gangguan kesehatan pada payudara.

Jadi segera periksakan kondisimu ke dokter.

2. Gangguan pada kesuburan


Penelitian mengatakan bahwa peluang seorang wanita untuk hamil mulai menurun pada pertengahan 30-an. Penurunan kesuburan idealnya dikaitkan dengan penurunan frekuensi ovulasi, penurunan cairan seviks, kualitas sel telur yang buruk dan peningkatan masalah kesehatan kronis.

Bukan hanya itu, masalah kesuburan juga terjadi setelah beranjak usia 30 tahun dengan kondisi yang beragam, seperti ketidakseimbangan hormon san juga tumor atau kista.

3. Rambut rontok


Kerontokan pada rambut adalah salah satu kondisi kesehatan yang harus kamu perhatikan. Kehilangan sekitar 50-100 helai rambut setiap hari memang masih jadi hal yang wajar. Tapi rambut rontok lebih dari jumlah itu bisa jadi masalah besar. Faktor stres dan persalinan bisa jadi penyebab utama dari kondisi ini. Satu dari empat perempuan yang mengalami kerontokan rambut dan sekitar 95%-nya diindikasi akibat kasu alopecia androgenetik.

Baca Juga :

Kenali Empat Fakta Penyebab Rambut Rontok Ini!

Sembuh dari Kanker Payudara Stadium Dua

4. Peningkatan berat badan secara tiba-tiba

   

Peningkata berat badan secara tiba-tiba dan tidak normal bisa jadi pertanda munculnya beragam masalah kesehatan. Terlepas dari seberapa banyak kamu berolahraga atau berapa sehat diet harianmu, jika kamu merasa kesulitan menurunkan berat badan maka hal itu bisa jadi indikasi dari penyakit tiroid, kolesterol, diabetes atau PCOS. Untuk mencegah hal ini, kamu yang berusia 30-an sangat disarankan untuk rajin memeriksakan tiroid, kolesterol dan diabetes.

5. Tekanan darah tinggi


Kelebihan berat badan, mengonsumsi pil KB atau terapi hormon adalah alasan utama seseorang mengalami tekanan darah tinggi. Beberapa pil diet dan antidepresan juga bisa menyebabkan masalah tekanan darah tinggi. Hal ini juga bisa disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi garam berlebih dan juga stres berkepanjangan. Saat seseorang mengalami tekanan darah, kemungkinan penyakit lain seperti ginjal dan gagal ginjal juga bisa terjadi.

6. Kelelahan berlebihan


Salah hal utama yang harus diperhatikan oleh perempuan berusia 30-an tahun adalah tanda-tanda kelelahan fisik. Rasa lelah yang berlebih bisa menandakan adanya masalah tiroid dalam tubuh. Mengkonsumsi obat tiroid bisa membantu meredakan kelelahan ini.

Meskipun penyebabnya tampak tak terlihat, penting sekali untuk melakukan beberapa tes medis untuk mengetahui kondisi kesehatan secara lengkap. Kadang kala anemia dan diabetes juga bisa jadi penyebab dari kelelahan.

7. Kualitas pengelihatan berkurang


Penyakit lain yang banyak dialami mereka yang sudah berusia 30-an adalah penurunan daya penglihatan. Hal ini bisa disebabkan oleh kekurangan asupan nutrisi pada tubuh. Kurangnya Vitamin A, C , E serta zat besi bisa jadi penyebab penglihatan menjadi kabur. Nutrisi ini sangat penting untuk memperlambat degenerasi macula yang terjadi seiring bertambahnya usia.

Apakah ada tanda-tanda penyakit di atas yang saat ini sedang kamu alami? Jika iya, segeralah mencari pertolongan medis guna mencegah risiko penyakit yang lebih parah. Nah, buat kamu yang masih sehat bugar, yuk mulai menyeimbangkan hidup dengan pola makan sehat dan olahraga teratur.

Sumber : Health.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Jessica Jess 24 September 2018 - 21:28:55

Tulis kan ciri ciri anak allah

1 Answer

Bandit_57 Bandit 24 September 2018 - 14:41:02

5 contoh mensyukuri hidup sebagai pelajar

0 Answer

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

1 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week 4


7196

advertise with us