Buat yang Bergaji 3 Jutaan, Kamu Bisa Kog Nabung Sejutaan per Bulan Kalau Lakuin 3 Hal Ini
Sumber: The Wayward Home

Finance / 23 August 2018

Kalangan Sendiri

Buat yang Bergaji 3 Jutaan, Kamu Bisa Kog Nabung Sejutaan per Bulan Kalau Lakuin 3 Hal Ini

Lori Official Writer
2716

Bagi yang bergaji 3 jutaan mungkin cukup pusing ngelola keuangan. Karena dijaman ini, gaji segitu rasanya gak bakal cukup buat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi kalau buat yang udah menikah ya, walah harus muter otak deh pokoknya gimana cara biar duit segitu cukup buat sebulan.

Tapi setelah baca artikel ini, kamu mungkin bisa dapat ide baru buat menghemat pengeluaran dan bisa nabung seenggaknya 1 juta setiap bulan dari gaji 3 jutamu. Gimana caranya? Yuk renungin dulu satu ayat Alkitab ini.

“Harta yang indah dan minyak ada di kediaman orang bijak, tetapi orang yang bebal memboroskannya.” (Amsal 21: 20)

Ayat ini mendorong kita untuk jadi orang bijak dalam mengelola keuangan. Jadi, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah jadilah orang yang bijak dulu ya. Dan langkah selanjutnya adalah:

1. Cari pekerjaan sampingan yang sesuai sama waktumu


Pekerjaan sampingan yang bersifat lepas bisa jadi kesempatan buat nambah-nambah penghasilanmu. Meskipun bayarannya mungkin kurang dari 3 jutaan, tapi seenggaknya kamu bisa nabung sedikit dari pendapatan total kamu bukan?

Kalau di jaman ini kamu bisa coba kerja sampingan kayak misalnya jadi penulis lepas, editor video, kameramen, fotographer, atau admin sosial media perusahaan lain. Ada banyak kesempatan buat kamu dapatin kerja sampingan kog di luar sana.

2. Coba bisnis jual beli kecil-kecilan


Gak mesti besar-besaran. Cobalah bisnis dari yang kecil aja dulu. Misalnya, bikin bisnis jual beli barang bekas bareng teman-teman dekatmu. Kalau di jaman ini, kamu malah bisa menjualnya via online loh. Walaupun hasilnya yang terlalu besar, tapi seengaknya kamu bisa dapat untung di atas 1 jutaanlah setiap bulannya. Lumayan kan buat nambah tabungan di luar gaji bulanan.

Baca Juga :

Stuck Ama Kerjaan Gitu-gitu Aja? Yuk Gali Kreativitasmu Pakai 6 Cara Ini

4 Cara Ini Akan Bantu Kamu Menabung Meski Gajimu Hanya 4 Juta Per Bulan.

3. Kurangi pengeluaran yang gak penting


Gimanapun lingkungan bisa membuat pola hidup seseorang berubah. Saat ngebandingin diri sama orang lain, kita pasti bakal terpacu buat jadi sama dengan mereka. Misalnya, waktu rekan kerja atau temanmu pakai baju-baju branded yang harganya lumayan mahal, kamu pasti bakal mencoba mengimbangi dia. Padahal gaji kamu cuma 3 juta loh dan kamu maksain buat menaikkan standar hidupmu dengan orang-orang yang pendapatannya mungkin lebih tinggi darimu. Kalau udah begini, tau sendiri risikonya. Bukannya bisa nabung malah gaji kamu bakal minus terus-terusan.

So, kalau memang pendapatan kamu belum memungkinkan untuk bergaya hidup mewah, kenapa harus dipaksain sih? Daripada buang duit buat barang mahal yang kurang esensi, mending duitnya ditabung aja. Misalnya, gaji 3 juta kamu bisa pakai buat kebutuhan 1.5 jutanya dan buat dana darurat 500 ribu. Lalu sisa 1 juta kamu bisa tabung. Lumayan kan?

Nah buat kamu yang masih bergumul soal gimana ngelola gaji bulanan yang lebih bijak. Cara di atas bisa kamu coba dulu ya. Kalau masih belum berhasil, cob acara terakhir yaitu bikin tabungan pribadi yang gak ada ATM nya, terus potong otomatis tiap bulannya senilai 1 juta dari gajimu. Cara ini bisa memaksamu untuk lebih bijak menggunakan uang yang ada di tanganmu, sekecil apapun itu pasti cukuplah.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami