Untuk Ke-176 Kali, GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia Ibadah di Seberang Istana Merdeka. Miris
Sumber: Twitter.com/BonaSigalingging

Nasional / 21 August 2018

Kalangan Sendiri

Untuk Ke-176 Kali, GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia Ibadah di Seberang Istana Merdeka. Miris

Budhi Marpaung Official Writer
2639

Sekira 100-an orang yang merupakan gabungan Jemaat GKI Yasmin Bogor dan HKBP Filadelfia Bekasi mengadakan ibadah di seberang Istana Merdeka, Minggu (19/8/2018). Kegiatan rutin yang dilakukan dua minggu sekali tersebut ternyata telah berlangsung selama 176 kali sejak Februari 2012.

Juru bicara GKI Yasmin, Bona Sigalingging mengaku apa yang mereka lakukan bertujuan supaya pemerintah pusat dapat melaksanakan putusan Mahkamah Agung pada 2011 di tingkat daerah.

“Supaya mereka (kepala daerah) paham bahwa dalam RI, mereka harus patuh pada putusan MA yang merupakan institusi pengadilan tertinggi di RI,” ujar Bona.

Bona mengaku pada awal pemerintahan Presiden Joko Widodo sebenarnya pihaknya berharap besar bahwa masalah yang terjadi sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini dapat terselesaikan. Namun, jelang akhir pemerintahan Jokowi ternyata persoalan yang mereka hadapi terus bergulir.   


(Tulisan ketika Jemaat GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia mengadakan ibadah Natal di Seberang Istana Merdeka pada 2013 lalu)

“Kami berharap Pak Jokowi yang akan running lagi sebagai capres, bisa membawa kebebasan, kemerdekaan, beribadah, berkeyakinan bagi semua WNI, apa pun agama dan kepercayaannya,” imbuh Bona. “Karena melalui kasus GKI Yasmin, dan HKBP Filadelfia, kita melihat bahwa ternyata diskriminasi itu masih ada dan ini harus dihentikan, kita berharap Pak Jokowi mampu,” ucapnya.

Pada Desember 2017 lalu, Bona Sigalingging menyatakan kasus yang dialami jemaat GKI Yasmin sebenarnya telah ada titik terang. Hal ini dapat dilihat dari adanya niatan dari Wali Kota Bogor, Bima Arya untuk mendirikan masjid agar bisa menemani gereja.

“Sampai saat ini ada pertemuan teknis akan seperti apa pembagian lahan di GKI Yasmin," ujar Bona di Jakarta, Senin, 25 Desember 2017.

Baca Juga: Ya Ampun, Seperti ini Sekarang Kondisi Bangunan GKI Yasmin Bogor yang Disegel!

Pemkot Bogor bahkan memastikan bahwa bangunan GKI Yasmin tidak akan digusur, direlokasi atau dipaksa pindah ke tempat lain. Hanya saja, Bona menganggap Bima Arya sangat lambat merealisasikan janjinya tersebut.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami