Kontroversi Vaksin Rubella, Benar Gak Sih Positif Mengandung Babi?
Sumber: Tribunnews.com

Health / 21 August 2018

Kalangan Sendiri

Kontroversi Vaksin Rubella, Benar Gak Sih Positif Mengandung Babi?

Lori Official Writer
2264

Majelis Ulama Indonesia (MUI) resmi mengumumkan bahwa vaksin Measles Rubella (MR) positif mengandung babi. Hal ini dibeberkan setelah Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik (LPPOM) MUI melakukan pengujian terhadap kandungan vaksin MR tersebut.

Terkait kabar inilah, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek menghentikan sementara pemberian vaksin Rubella. Nila sendiri sudah melayangkan surat kepada Serum Institute of India sebagai pihak yang memproduksi vaksin MR agar mengklarifikasi soal kandungan yang terdapat di dalamnya.

Kandungan yang ada dalam vaksin MR

Dari data yang dikirimkan pihak produsen vaksin MR, ditemukan bahan yang berasal dari gelatin babi yang diambil dari kulit babi dan tripsin yang berasal dari pankreas babi.

Tak hanya itu, vaksin MR ini juga ditemukan mengandung organ tubuh manusia yaitu Human Deploit Cell.

Atas hasil inilah vaksin MR terancam tidak lolos sertifikasi halal dari LPPOM MUI.

Baca Juga :

Praktik Vaksin Palsu Terbongkar, Ini Tindakan Kemenkes dan Dokter Anak

Waspada, Vaksin Palsu Beredar di Indonesia


Mandeknya proyek vaksin Rubella oleh Kemenkes

Hasil temuan terbaru ini pun memaksa Kemenkes untuk memikirkan ulang proses vaksin rubella di 28 Provinsi di luar Pulau Jawa sampai September 2018 mendatang.

Sementara seperti diketahui, pemberian vaksin MR ini bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat terhadap ancaman penularan penyakit campak dan Rubella yang berisiko tinggi menyebabkan kecacatan dan kematian.

Sumber : Cnn Indonesia/Tribunnews.com
Halaman :
1

Ikuti Kami