Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
588


Vatikan, pusat Gereja Katolik Roma menyatakan “malu dan bersedih” atas pelecehan seksual kepada lebih dari 1000 anak oleh lebih dari 300 imam Katolik di Pennsyvania, dan menyatakan bahwa Paus Fransiskus “berada di pihak” para korban.

Dalam pernyataannya melalui juru bicara Vatikan pada Kamis (16/8/2018), Paus Fransiskus mengecam tindakan pelecehan seksual kepada anak-anak tersebut.

“Hanya dua kata yang bisa mengekspresikan  terhadap kejahatan yang sangat buruk ini : malu dan sedih,” demikian pernyataan yang dirilis atas anama Greg Burke, direktur kantor berita Kepausan.

Hal ini menanggapi laporan sekitar 900 halaman yang mengungkap nama 300an imam yang terlibat pelecehan seksual tersebut. Ini adalah salah satu penyelidikan terbesar terhadap pelecehan seksual yang terjadi di Amerika.

“Pelanggaran yang dijelaskan dalam laporan adalah kriminal dan secara moral tercela. Tindakan-tindakan itu adalah pengkhianatan atas kepercayaan yang merampas martabat para korban dan iman mereka. Gereja harus belajar keras dari kejadian masa lalunya, dan harus ada akuntabilitas untuk keduanya baik pelaku dan mereka yang membiarkan pelecehan terjadi,” demikian penjelasan pernyataan Vatikan yang dikutip Theguardian.com.

Paus mendorong untuk meneruskan reformasi dan meningkatkan kewaspadaan di semua tingkat gereja Katolik, untuk menolong memastikan perlindungan bagi para anak-anak dan orang dewasa yang rentan dari bahaya. Paus juga menggarisbawahi perlunya untuk mengikuti hukum yang berlaku, termasuk dalam pelaporan kasus pelecehan anak.

Paus Fransiskus sendiri posisinya terancam karena banyaknya kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh gereja Katolik. Pada bulan Januari 2018 lalu, ia dikecam oleh korban pelecehan seksual di Chili. Paus kemudian dipaksa meminta maaf dan melakukan penyelidikan yang berujung pada pengunduran diri lima uskup.

Kecaman pun banyak dilontarkan banyak pihak karena Vatikan terlalu lama merespon kasus pelecehan yang di Pennsylvania ini. Hingga kita tidak ada satupun uskup yang namanya muncul dalam kasus di Pennsylvania menyatakan pengunduran diri. Tentunya hal ini semakin membuat banyak pihak prihatin. 

Sumber : Theguardian.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Abdul Hamid 16 November 2019 - 05:58:24

Sy di tinggal kabur istri sdh 1 bulan alsan istri .. more..

0 Answer

Yolanda Sinaga 14 November 2019 - 17:57:36

kisah joyce meyer

0 Answer

Kristanto 14 November 2019 - 04:07:05

Apakah yang harus sy lakukan. Istri berkata kasar .. more..

1 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7270

Banner Mitra November Week 2