Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
351


Pada Kamis, 9 Agustus 2018 lalu salah seorang rekan kantor CBN, Ferdyanto Thana atau yang lebih akrab dipanggil Bang Ferdy berkesempatan jadi seorang relawan yang pergi ke Lombok bersama tim Obor Berkat Indonesia lainnya.

Saat ditanya mengenai alasan mengapa ia bersedia menjadi relawan, Bang Ferdy langsung menjawab kalau pengalaman yang dimilikinya menjadi alasan terkuat kenapa akhirnya ia memutuskan untuk berangkat.


Sebelumnya, Bang Ferdy juga pernah menjadi relawan saat terjadi tsunami di Aceh dan meletusnya Gunung Merapi di Jogja. Pertimbangan lainnya adalah karena Bang Ferdy menyadari kalau Tim Obor Berkat Indonesia sedang membutuhkan bantuannya.

Melalui pengalamannya juga, ia jadi lebih mengetahui mengenai bantuan apa yang dibutuhkan di sana. Hari pertama ia habiskan untuk menunggu obat-obatan dan bahan bantuan lain yang dibawa oleh kargo. Sementara hari berikutnya, dengan berbekal 40kg obat-obatan yang dibawa oleh Bang Ferdy dan tim, mereka langsung terjun ke lapangan untuk membantu tim medis dalam menangani para korban.

Dari obrolan bersama Bang Ferdy, setidaknya ada 4 hal penting yang perlu kita ketahui mengenai menjadi seorang relawan.

1. Menjadi relawan memberikan banyak pelajaran

Saat ditanyai momen yang paling berarti, Bang Ferdy membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjawabnya. Hal ini karena ia menegaskan bahwa ada banyak pembelajaran yang ia dapatkan selama 8 hari perjalanan tersebut.

Mulai pembelajaran mengenai iman percaya dari pertemuannya dengan Putri, si gadis 3 tahun yang selamat dari timbunan puing bangunan selama 1 jam, sampai pertemuannya dengan sepasang orang tua yang tidak mau bergantung pada bantuan orang lain dengan tetap membuat dan menjajakan pangan atau dodolnya.

2. Bukan keterampilan, melainkan kesiapan hati untuk menjadi seorang relawan

Mungkin sebagian orang akan berpikir kalau untuk menjadi relawan diperlukan sebuah keterampilan tertentu. Memang, ada benarnya juga. Namun, satu hal yang paling diperlukan dari seorang relawan adalah kerelaan hati untuk melayani. Kita tidak pernah bisa menebak apa yang akan terjadi di lokasi kejadian. Dengan kerelaan hati itulah kita bisa memberikan kasih dan bantuan buat mereka.

3. Memberi tidak selalu berupa materi

Kita kaya bukan karena seberapa banyak harta yang kita miliki, melainkan seberapa banyak yang kita berikan kepada orang lain. Bagi Bang Ferdy sendiri, ia mengatakan kalau memberi tidak selalu mengenai materi.

Setelah menghabiskan beberapa malam di Lombok, Bang Ferdy punya sedikit waktu untuk bercanda dan bergurau dengan anak-anak. Tidak lama setelah ia membuat tawa anak-anak pecah, salah seorang warna menghampirinya dan berkata, “terima kasih untuk waktu yang diberikan, ya pak. Sejak kejadian di hari Minggu, anak-anak tidak lagi tertawa selepas ini.”

Dari keempat anak tadi, Bang Ferdy menyadari kalau waktu yang kita berikan untuk mengasihi mereka yang membutuhkan tidak hanya menjadikan kita kaya, tapi juga memberikan sukacita bagi kita. Menjadi relawan mengajarkan kita untuk berbagi atas apa yang kita miliki, yaitu waktu dan rasa syukur.

4. Menjadi relawan itu penting buat setiap kita

Disini, Bang Ferdy tidak menggaris bawahi bahwa untuk menjadi orang yang berpengalaman, kita perlu jadi seorang relawan. Justru Bang Ferdy mengingatkan kita sebagai orang muda untuk terbuka terhadap kesempatan yang ada.

Saat kita dihadapkan dengan kesempatan yang baik, yang bisa memperkaya pengalaman dan memperluas kapasitas kita, maka ambillah kesempatan tersebut. Sebab, kita tidak pernah tahu darimana berkat Tuhan itu berasal.  

Mungkin saat ini kamu belum berkesempatan menjadi relawan untuk pergi ke Lombok, namun kamu tetap bisa membantu mereka. Melalui Obor Berkat Indonesia, kamu bisa menyalurkan donasimu melalui rekening BCA cabang Lippo Cikarang, A c. 522 030 9292 atas nama Yayasan Obor Berkat Indonesia. Cantumkan berita/ pesan: GEMPA LOMBOK.


Sumber : jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

0 Answer

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week 4


7196

advertise with us