Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
550


Beberapa bulan ke depan ada banyak tanggal merah nih, apakah kamu sudah merencanakan liburanmu?

Liburan adalah waktu untuk tertawa bersama keluarga dan membangun kenangan yang indah dan hangat. Meskipun liburan adalah waktu yang menggembirakan bagi sebagian besar orang, tapi bisa juga hal ini adalah saat yang menyedihkan bagi mereka yang sedang berjuang dengan depresi.

Misalkan saya. Liburan natal tahun lalu adalah liburan yang sangat menyedihkan buat saya. Bagaimana tidak, saya tidak punya budget yang cukup untuk pulang kampung, dan saya baru dipindahkan ke kota dengan pekerjaan yang baru serta saya tidak tahu lingkungan sekitar, sedangkan teman-teman saya, semuanya bepergian dengan orang tersayang mereka. Nggak hanya itu, saya baru saja berantem parah dengan pasangan saya.

Wah, ini benar-benar membuat saya sedih sekali bahkan depresi mengurung diri di rumah.

Mungkin ada beberapa di antara kamu yang pernah alami hal serupa pas liburan, entah kamu liburan karena depresi diputusin pacar dan lain sebagainya, sehingga butuh sebuah perjuangan untuk melalui hari-hari tersebut.

Sebagian orang yang tengah depresi biasanya perlu perjuangan untuk melalui liburan. Sebagai seorang Kristen, kita seharusnya hidup dengan kesadaran bahwa Yesus telah menaklukkan depresi dan pada waktu yang sama banyak dari kita tengah berjuang menghadapi hal itu setiap hari.

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa dengan melayani orang lain, berpikir positif dan berdoa adalah cara untuk memperbaiki depresi kamu. Meskipun gagasan itu benar-benar bermanfaat, tapi ditengah-tengah depresi biasanya kita nggak terpikir untuk melakukan hal-hal itu.

Ketika depresi mulai melanda  bersamaan dengan waktu  liburan atau pas weekend penting banget untuk melakukan hal-hal ini biar liburanmu menyenangkan!

1. Jadikan kebiasaan untuk hidup di dalam Firman Tuhan

Yap, mungkin ini adalah ide yang bagus untuk dilakukan ketika liburan atau weekend, baik itu di rumah sendiri atau bersama keluarga. Tapi tidak mudah untuk melakukannya, saya ingat bagaimana depresi malah membuat saya menghabiskan waktu dengan tidak berkualitas bukannya dalam hadirat  Tuhan atau bahkan merenungkan firman Allah.

Saya mendengar musik kencang-kencang dan bernyanyi seperti orang bodoh. Saya ingat bagaimana teman saya menghabiskan liburannya untuk bersenang-senang dengan cara yang salah. Dia mabuk-mabukkan dengan pria lain setelah diputusin bahkan dia menari ke diskotik, itu benar-benar cara yang memalukan!

Jika hari ini kamu depresi, cara itu bukan cara yang baik mengatasi masalahmu, karena hanya memberi kesenangan sementara.

Lakukanlah kebiasaan-kebiasaan dalam kebenaran, firman Tuhan itu sangat berkuasa, benar-benar memberi makan roh kita yang hancur dan kosong. Jagalah semangat kamu dan makan firman Tuhan setiap hari.

2. Kurangi menggunakan media sosial, internet dan TV

Setan menggunakan tipuan dan kebohongan untuk menjatuhkan kita. Media sering banget dipakai untuk itu, baik dengan gambar dan berita yang membuat kita merasa nggak layak dan ingat masa lalu.

Saya ingat bagaimana saya selalu menghabiskan weekend saya dengan sosial media, melirik foto-foto mantan saya ketika saya berusaha melupakan dia dan caranya yang menyakitkan. Akibatnya fatal, hati saya semakin hancur bahkan ketika melihat dia saling balas-balas komentar dengan seorang wanita, iblis mulai masuk menipu saya dan menyatakan kebohongan yang membuat saya semakin depresi.

Media sosial benar-benar buruk dan mengirim kamu ke sebuah lubang depresi yang makin dalam karena kamu selalu membandingkan kehidupan kamu dengan orang lain dan ini bisa menjadi hal yang menghancurkan kamu secara konsisten.

Hati-hati, ini adalah lingkaran setan yang sama sekali tidak akan membuatmu semakin semangat. Ketika kamu liburan, usahakan nggak usah menggunakan media sosial. Jikapun iya, jangan sesering itu, fokuslah pada liburanmu, atau kegiatanmu yang lain. Nikmati!

3. Jadilah kupu-kupu sosial

Bukan berarti kamu berubah menjadi kupu-kupu ya! Tapi bertemulah dengan lebih banyak orang.

Orang yang depresi cenderung mengasingkan diri dan merasa bahwa kesendirian adalah kondisi yang lebih aman dibandingkan bersama orang-orang yang secara sengaja atau nggak sengaja kamu pikir membuatmu merasa tidak berharga.

Pikirkan kembali, cobalah atur waktu dan libatkan dirimu dengan acara sosial, acara teman dan peluang pelayanan atau melayani.

Daripada kamu liburan hanya di rumah saja dan menyendiri, mending hubungi teman-temanmu dan bergabung bersama mereka atau melakukan kegiatan sosial yang seru abis dan memotivasi kamu.

Berada di sekitar orang yang kamu bantu, akan mengingatkan kamu bahwa kamu jauh lebih beruntung dan kamu berharga semua orang berharga!.

Mungkin 3 hal di atas bisa kamu pikirkan dan lakukan ketika liburan datang bertepatan dengan depresi dan galaumu. Semangat, Tuhan tahu bahwa kamu bisa total pulih dan kuat . Dia bersama-sama denganmu!

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

egbert burton 14 July 2019 - 10:40:19

Berhalakah gambar Tuhan yang dipajang dalam Gereja

0 Answer

Budo RMB 13 July 2019 - 21:59:42

Berapa banyak uang yang perlu Anda keluarkan untuk.. more..

0 Answer

Irvan Ishak 13 July 2019 - 07:43:47

Welyar kauntu

0 Answer


Yu55 Ch4nnel 28 May 2019 - 16:51:25
Bertahun2 saya meninggalkan Tuhan Yesus,hanyut dng... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:04
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Banner Fun Run Juli week 3


7266

Banner Testify Juli week 3