Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
2386


Pernah nggak sih kamu menemui seseorang yang kalau ke gereja tiap minggu, pasti jarang ikut tepuk tangan dan bernyanyi di dalam gereja. Biasanya dia hanya berdiri dan bernyanyi sesekali, itupun nggak seceria yang lainnya.

Atau kamu adalah salah satu dari orang tersebut?

Aku bahkan pernah demikian, mungkin konteksnya berbeda dengan yang di atas. Beberapa tahun lalu saya berkunjung ke rumah saudara saya di sebuah pelosok kampung. Saya lalu ikut beribadah ke gereja mereka.

Jujur. saya tidak begitu nyaman bernyanyi dan mengikuti tatanan ibadah mereka, dan bahkan saya nggak terlalu nyaman untuk ikut bernyanyi.

Saya nggak bermaksud nggak hormat ya, cuma mungkin saya tidak begitu terbiasa dan baru pertama sekali.

Jadi, kita orang Kristen memiliki banyak ekspresi musik yang berbeda setiap gereja, ada yang suka lagu himne, acapella, koor, bahkan rap. Bahkan mungkin beberapa dari kamu pernah menghadiri sebuah gereja yang berbeda dengan elemen musik yang berbeda juga  seperti kisah saya, atau mungkin kamu nggak tahu lirik lagunya atau kata-katanya, atau bahkan kamu nggak begitu suka dengan genre musik tersebut?

Ya, apapun itu masalahnya, kadang kala kita nggak memaksakan diri untuk belajar dan menyanyikannya.

Di bawah ini, ada 3 saran agar kamu bisa menghadapi situasi seperti ini meskipun sulit. Selain itu, saran ini akan mengajar kamu untuk bernyanyi lebih tulus bahkan mulai menyanyikannya dengan luar biasa  :

Pertama, kamu haru tahu bahwa musik dan lagu tersebut bukan tentang kamu

Mungkin kedengarannya kasar, tapi itulah kebenarannya bahwa bernyanyi di dalam gereja bukanlah tentang kita. Nggak perduli apa genre musik atau lagu yang akan dinyanyikan. Namun yang jelas lagu itu haruslah lagu mengenai Tuhan.

Tuhan hanya ingin kita bernyanyi untuk Dia dengan hati yang dipenuhi sukacita. Inilah sebabnya mengapa di kitab Mazmur 98:4 dikatakan, "Bersorak-soraklah bagi Tuhan, hai seluruh bumi, bergembiralah, bersorak-sorailah dan bermazmurlah!".

Jadi kita nggak diciptakan oleh Tuhan untuk membuat lagu dengan kata-kata yang menyenangkan, sebaliknya dimana pun dan dengan apapun, bahkan dengan suara dan instrumen saya, kita bisa bermazmur dan bersorai kepada Tuhan dengan sukacita.

Kedua, kamu harus sadar dan melihat  bahwa ada keindahan dalam setiap ekspresi musik yang berbeda

Kamu harus tahu bahwa dalam setiap genre yang berbeda selalu ada keindahan yang luar biasa. Tuhan menciptakan masing-masing dan setiap dari pada kita dengan cara yang berbeda dan unik; pertama, sebagai demonstrasi kreativitas Tuhan sendiri, dan kedua, sebagai sarana untuk mewakili banyak orang yang unik dan berbeda.

Ketika kita mempertimbangkan berbagai macam musik maka kita akan melihat bahwa ada banyak keberagaman dalam etnis dan budaya juga kepribadian dan itu sangat menyenangkan bahwa ternyata seluruh bangsa dan negara, budaya dan pribadi menyembah Allah yang sama yaitu Yesus Kristus melalui musik dan cara yang berbeda dan benar!

Itu sangat menyenangkan bukan?

Ketiga, gunakan musik untuk meneguhkan iman teman-teman yang lain

Kalau kamu merasa sulit bernyanyi dalam satu gereja karena memang kamu tidak mengerti cara dan lagu pujian mereka dan lain sebagainya, maka nikmatilah musiknya untuk meneguhkan teman-teman lain disana.

"Dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati." (Efesus 5:19)

Itu berarti bahwa kita nggak harus memperdulikan ketidaknyamanan kita terhadap musik atau lagu mereka, yang harus kita perhatikan adalah bagaimana kita bisa melayani orang lain melalui musik dan hatimu.

Tahu nggak bahwa iman dan kasih kita kepada Tuhan bisa dinyatakan ketika kita melihat orang lain mengasihi Tuhan juta, dalam hal ini melalui nyanyian.

Ketika saya memasuki gereja beberapa waktu lalu, saya langsung ingin ikut menyembah Tuhan, tubuh saya langsung memacu untuk menyembah padahal saya tidak tahu lagu yang dinyanyikan tapi saya merasakan Tuhan hadir atas tempat itu!

Jadi sebenarnya bukanlah salah dari gereja tersebut dengan musik yang berbeda dengan lirik yang tidak kamu ketahui, namun coba deh periksa hati kamu sendiri. Lagu dan musik bukan tentang orang lain, tapi pertama adalah tentang Tuhan baru orang lain. Kita harus mempertahankan perspektif itu dalam pikiran kita sehingga diri kita lebih siap untuk terlibat dalam lagu-lagu yang dinyanyikan meskipun kita nggak kenal bahkan tidak kita nikmati.

Sumber : crosswalk | jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Wiadnyana Legawa 20 September 2019 - 06:51:50

Tuhan penolongku

0 Answer

Nur Ramadhani 18 September 2019 - 19:28:33

Tuliskan apa saja yg ada didalam diri anda?

0 Answer

Wang barry 18 September 2019 - 18:09:25

Bagaimana ketika kita menyerahkan persoalan kepada.. more..

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7277

Banner Mitra September week 3