Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Memberi Anak Ponsel Untuk Pertama Kali Mom!
Sumber: hico.vn

Parenting / 9 August 2018

Kalangan Sendiri

Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Memberi Anak Ponsel Untuk Pertama Kali Mom!

Naomii Simbolon Official Writer
1470

"Ma, saya butuh handphone! Saya satu-satunya anak di sekolah  yang nggak punya HP.  Lalu, kalau ada keadaan darurat gimana? Mama ingin saya aman kan?"

Yap, orangtua mana sih yang nggak ingin melihat anaknya aman? Tetapi akan sulit melindungi anak dari bahaya jika dia nggak tahu kalau dia perlu di lindugi.

Nah, jika anak kamu menginginkan HP hal pertama yang harus kamu lakukan sebagai orang tua adalah menentukan usia yang terpat bagi anak untuk memiliki HP, dan usia itu harus lebih bergantung pada kedewasaannya, bukan nilai sekolahnya ya. Meskipun kita melihat HP sebagai alat komunikasi melindungi dia, tapi mereka sebagian besar melihatnya sebagai simbol status dan tiket bahwa mereka diterima oleh rekan-rekannya. Selain itu dia juga ingin merasa mandiri. Dengan memiliki HP, rasanya itulah cara untuk memulai.

Nah, jadi sebagai orang tua kita perlu membuat batasan untuk memastikan mereka tetap aman. Perlu bijaksana untuk mendisiplinkan mereka agar tidak salah dalam menggunakan HP.

Meskipun anak-anak sudah berusia 8 tahun saat ingin memiliki HP, Bill Gates pendiri Microsoft bahkan berpikir bahwa itu masih terlalu muda. Dia nggak mengizinkan anak-anaknya memiliki ponsel sampai mereka berumur 13 tahun.

Nah, jika kamu berencana untuk memberikan HP kepada anak kamu, ketahui hal ini terlebih dahulu dan beritahu pada anak!

1. Jangan ada privasi antara anak dan orangtua, namun jaga HP dari teman-teman

Biasanya anak-anak suka dengan selfie dan foto bersama temannya. Foto yang diambil oleh teman biasanya mudah banget tersebar,bisa terkirim kepada siapa saja. Bahkan teks pribadi bisa dengan cepat terkirim ke publik hanya dengan mengklik tombol.

Pastikan untuk beritahu kepada anakmu untuk menjaga HPnya dan jangan sembarangan memberikan kepada orang lain.

Atau kamu bisa membuat aturan, untuk jangan pernah coba-coba mengirim pesan atau foto apalagi menyimpan foto yang kamu tidak sukai, atau yang tak benar.

2. Orang jahat selalu ada

Orang jahat pasti selalu ada, beritahu anak-anakmu akan hal ini. Penjahat nggak selalu memakai topi hitam, badan kekar atau memiliki kumis tebal, beritahu mereka bahwa penjahat tidak selalu orang-orang yang terlihat secara realistis.

Penjahat bisa berupa gambar atau video yang nggak pantas. Misalnya konten porno yang lucu namun mempengaruhi mereka, atau video kekerasan dan lain sebagainya.

Beritahu mereka untuk memahami bahwa apa yang terlihat seperti lelucon bisa menciptakan pengaruh buruk bagi mereka.

Selain itu, aplikasi! Yap, aplikasi mungkin kelihatannya seperti nggak berdosa dan baik-baik saja, tapi tidak semua orang bisa dipercaya dari aplikasi yang mereka mundur.

Nggak semuanya gratisan, apalagi aplikasi gratis. Pastilah mereka menginginkan sesuatu termasuk akses ke area ponsel anak. So hati-hati.

Ada saja pelacak GPS yang mungkin tertanam di beberapa aplikasi dan memungkinkan pemangsa untuk memantau lokasi anak kamu. Sebaiknya hati-hati dan beritahu mereka untuk mengunduh aplikasi yang umum dan banyak digunakan orang, yang benar dan mereka butuhkan!

3. Tentukan batasan untuk anak, itu perlu

Berikan mereka batasan waktu untuk menggunakan HP. Siapkan zona tanpa HP untuk mereka, misalkan waktu kerja di rumah, atau setelah tidur.  Suruh mereka mengeluarkan HP mereka ke suatu tempat yang jauh dari mereka untuk mencegah godaan menjawab panggilan atau teks ketika dia harus tidur atau mengerjakan pekerjaan rumah.

Nah itu dia 3 hal penting yang bisa orangtua pertimbangkan untuk dilakukan ketika hendak memberi anak HP. Gimana, apakah kamu sudah menerapkan salah satu di atas?

 

Sumber : crosswalk | jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami