Biar Nggak Kerasa Diet, Yuk Patuhi 6 Aturan Mudah Ini!

Health / 9 August 2018

Kalangan Sendiri

Biar Nggak Kerasa Diet, Yuk Patuhi 6 Aturan Mudah Ini!

Inta Official Writer
1868

Makanan yang dikonsumsi punya pengaruh besar pada berat badan kita. Pernah nggak sih kita mengalami keadaan dimana sudah mencari kunci kemana-mana, ternyata kunci tersebut ada di dalam saku celana?

Sama halnya dengan diet, kita sering fokus pada sulitnya diet, tanpa pernah berpikir kalau ternyata menjaga pola makan sangatlah mudah untuk dilakukan. Tidak sedikit orang yang menyatakan dirinya stres karena harus mengatur pola makan dan menyerah pada keadaan berat badannya.

Solusinya agar bisa menjaga pola makan yang baik adalah dengan menyesuaikannya dengan kebiasaan kita. Berikut adalah kebiasaan yang bisa kita sesuaikan untuk menjaga pola makan.

1. Jangan pernah berdiet

Summer Tommato menuliskan kalau diet sama halnya menyabotase tubuh kita untuk kehilangan nutrisi. Ada banyak cara diet yang dinyatakan justru tidak efektif. Untuk menjaga pola makan yang baik, cobalah untuk berhenti berpikiran bahwa diet adalah satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan.

2. Belanja kebutuhan dapur dengan rutin

Mengenai makanan, seringkali kita mengambil keputusan buruk karena tidak memiliki kesiapan, bukan karena kurangnya keinginan untuk menjaga pola makan. Semakin kita terbiasa untuk menjadwalkan makanan dan berbelanja makanan sehari-hari, kita jadi punya opsi yang lebih baik untuk mengonsumsi makanan yang jauh lebih sehat dan terkontrol.

3. Masak di rumah

Hal ini tidak berarti kalau makan di 'luar' itu tidak sehat, hanya saja kebiasaan ini membuat kita kesulitan mengenai kandungan makanan yang ada didalamnya. Kita tidak perlu jadi koki handal yang bisa mengatur kebutuhan makanan harian, kok. Cukup kembangkan resep-resep yang mudah sebagai salah satu cara untuk mengatur pola makanan sehat kita.

4. Ambil 10.000 langkah perhari

Kebiasaan yang serba instan sudah menjadi bagian dalam kehidupan kita sekarang ini. Kalau kita mengaku tidak punya cukup waktu untuk berolah raga, cobalah untuk mencapai 10.000 langkah perhari. Selain mudah, hal ini dapat menjaga kesehatan dan berat badan kita.

5. Kunyah makanan dengan efektif

Selama ini, kita mengetahui kalau mengunyah makanan yang baik adalah sebanyak 32 kali. Faktanya, menurut Detik Health, kita tidak perlu melakukan kunyahan sebanyak itu. Yang penting adalah kita memastikan kalau makanan sudah benar-benar lembut sebelum akhirnya masuk ke dalam lambung. Cara ini dapat membuat kita menjadi lebih kenyang, sekaligus menjadi cara agar kita bisa menikmati makanan lebih lama, tapi mengonsumsi dengan jumlah yang lebih sedikit.

6. Motivasi yang kuat

Pernah nggak sih kita bertanya kenapa ada orang yang mau menjadi vegetarian, atau rela berpuasa, tapi kita sendiri tidak bisa berhenti 'ngiler' saat melihat ada makanan di depan mata? Penelitian menunjukkan kalau mereka yang punya motivasi kuat mengenai keputusan yang mereka ambil dalam hal makanan jauh lebih efektif dalam menjaga pola makan dibandingkan mereka yang hanya menggunakan kesehatan sebagai alasannya.

Sebelum melakukan 6 aturan tadi, cobalah untuk mencari tahu mengenai letak masalah kita. Saat kita membangun kebiasaan, otak mulai mengubah banyak tindakan menjadi autopilot. Hal ini menjadikan kita bisa menjaga pola makanan tanpa disadari. Jangan lupa untuk mengasari diri kita sendiri dengan melakukan evaluasi sebelum mengambil keputusan yang baik.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami