Dianggap Penyangkalan Martabat Manusia, Paus Fransiskus Minta Dunia Hapus Hukuman Mati
Sumber: https://www.ncronline.org/sites/default/

Internasional / 8 August 2018

Kalangan Sendiri

Dianggap Penyangkalan Martabat Manusia, Paus Fransiskus Minta Dunia Hapus Hukuman Mati

Inta Official Writer
2417

Pada Kamis, 2 Agustus 2018 lalu, Pusat Gereja Katolik Vatikan menyuarakan desakannya mengenai hukuman mati di seluruh dunia. Sang Paus sendiri menyebut hukuman mati sebagai penyangkalan terhadap martabat yang melekat pada semua manusia.

Hal ini menyebabkan isi Katekismus Gereja Katolik akan direvisi dan diperbarui untuk mencerminkan perubahan pandangan tersebut.

"Konsekuensinya, gereja mengajarkan, dalam terang Injil, bahwa hukuman mati tidak dapat diterima karena itu adalah serangan terhadap martabat manusia yang tidak dapat diganggu gugat, dan gereja bekerja dengan tekad untuk penghapusannya di seluruh dunia," demikian disebutkan dalam Katekismus Gereja Katolik yang sudah direvisi, dilansir dari Detik News.

Baca juga: Masih Percaya Ramalan Lewat Kartu? Paus Fransiskus Ingatkan Soal Penyembahan Berhala

Sejak tahun 2017 lalu, Paus Fransiskus memang telah mengumumkan niatnya untuk mengubah doktrin gereja perkara hukuman mati. Ia menganggap kalau hukuman mati merupakan sebuah pembunuhan sukarela terhadap manusia, padahal setiap manusia adalah 'Suci di mata Sang Pencipta'.

Dengan masuknya soal hukuman mati ini dalam Katekismus, Paus Fransiskus memastikan kalau dalam ajarannya, gereja-gereja katolik akan menentang hukuman mati. Keputusan Paus Fransiskus ini akan menghadapi beragam tantangan, diantaranya dengan negara Amerika Serikat dimana 54 persen diantaranya mendukung tindakan hukuman mati, sementara 39 persen lainnya mendukung sebaliknya di tahun 2018, berdasarkan data dari Pew Research Center.

 

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami