Yakin Mau Tindik Lidah? Yuk Ketahui Dulu Bahayanya Buat Kesehatan di Sini…
Sumber: viva.co.id

Health / 8 August 2018

Kalangan Sendiri

Yakin Mau Tindik Lidah? Yuk Ketahui Dulu Bahayanya Buat Kesehatan di Sini…

Lori Official Writer
5542

Tindik lidah mungkin sudah familiar buat anak-anak muda sekarang. Tujuan utama anak muda yang memakai tindik lidah adalah supaya terlihat lebih gaul dan keren. Tapi tahukah kamu kalau ternyata menindik lidah dengan sejenis logam tertentu bisa menyebabkan infeksi serius loh.

Perhiasan logam bisa membuat mulut penuh dengan bakteri yang menyebabkan infeksi dan pembengkakan.

Selain itu, tindik lidah juga bisa merusak katup jantung dan menyebabkan risiko asma. Risikonya bahkan lebih parah ketika pembuluh darah di lidah pecah dan membuat darah terus mengalir. Gak cuma itu, tindik lidah juga bisa menyebabkan masalah kronis lainnya seperti tergigit oleh gigi saat makan, merusak lidah, gusi dan bahkan menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti gusi, hepatitiss B dan C.

Baca Juga :

Tato atau Tindik: Sebuah Tren atau Ancaman

7 Alasan Penting yang Wajib Kamu Tahu Soal Bisa atau Tidaknya Orang Kristen Memakai Tato

Karena risiko kesehatan yang memprihatinkan inilah Perserikatan Dokter Gigi Amerika melarang keras praktik ini. Karena pemasangan tindik lidah pun tidak bisa sembarangan. Mereka dengan riwayat penyakit seperti jantung, autoimun (sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat dalam tubuh), diabetes dan hemophilia. Biasanya anak remaja berusia 14-16 tahun tidak diperbolehkan melakukan tindik lidah.

Mengetahui risiko kesehatan tindik lidah ini, apakah kamu masih mau melakukannya? Sama seperti tato, mungkin di dalam Alkitab kita sama sekali gak menemukan kata-kata larangan untuk tidak membuat tato atau tindik lidah di sana. Kita juga gak langsung menjudge seseorang yang tindik lidah berdosa. Tapi kita hanya menyayangkan kalau seseorang yang sudah tahu risiko kesehatan in malah memilih untuk mencobanya. Logikanya, kalau lidah sendiri diciptakan untuk fungsi sebagai pengecap rasa, kenapa kita malah mengubah fungsinya untuk sesuatu yang kurang esensi, yang harusnya bisa kita lakukan di telinga.

Semoga kita bisa lebih memakai setiap organ tubuh kita sesuai dengan fungsinya dan yang paling adalah untuk tujuan kesehatan kita sendiri

Sumber : Boldsky.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami