Buah Hatimu Ingin Hewan Peliharaan? Ini 4 Keuntungannya Kalau Kamu Mengijinkannya
Sumber: The Daily Beast

Parenting / 7 August 2018

Kalangan Sendiri

Buah Hatimu Ingin Hewan Peliharaan? Ini 4 Keuntungannya Kalau Kamu Mengijinkannya

Puji Astuti Official Writer
1962

Buah hatimu ingin seekor hewan peliharaan? Mungkin kamu punya banyak pertimbangan untuk menolak atau mengabulkan permintaan itu, mulai dari  ruang untuk hewan peliharaan itu, biaya pemeliharaan, dan belum lagi waktu yang harus diluangkan untuk merawatnya. Belum lagi jika ada salah seorang anggota keluarga yang punya alergi. 

Wah, ternyata banyak hal yang harus dipertimbangkan ya..

Sebagai contoh dari kehidupan nyata, adalah kisah Paul Rutledge yang punya tiga orang putri cantik, “Tiga gadisku masing-masing punya keinginan yaitu seekor anjing (putrinya paling besar), dinasourus (putrinya yang nomor dua) dan seekor jerapah (putrinya paling kecli). Kami kompromi dengan memilih hamster.” 

Ya, memilih hewan peliharaan harus melibatkan seluruh anggota keluarga. Ajak anak-anak dan pasanganmu untuk diskusi bersama. Bicarakan tentang kemampuan keuangan kalian, ruangan yang kalian miliki, siapa yang bertanggung jawab apa, dan pada akhirnya memilih binatang peliharaan apa. 

Baca juga 
Ingin Sehat? Peliharalah Hewan

5 Manfaat Mempunyai Hewan Peliharaan Bagi Anak

Kalian tidak harus memilih seekor kucing atau anjing sebagai hewan peliharaan, namun bisa secara kreatif memilih binatang peliharaan yang tidak terlalu sulit pemeliharaannya seperti ikan, kura-kura, hamster, dan lainnya.

Jika keluarga kalian baru pertama kalinya punya hewan peliharaan, maka orangtua harus lebih sabar dalam mengajarkan pada anak-anak kedisiplinan dan kepeduliaan dalam merawat peliharaan itu.

Lalu apa saja sih keuntungan punya hewan peliharaan bagi anak-anak?

1. Merawat dan memberi makan hewan peliharaan melatih anak tentang tanggung jawab.

2. Anak-anak yang punya hewan peliharaan mengalami peningkatan dalam kendali impulse atau kemampuan mengendalikan apa yang mereka pikirkan dan katakan, semakin baik bersosialisasi dan kepercayaan diri. 

3. Memiliki hewan peliharaan dalam keluarga juga memperkuat ikatan kasih satu sama lain antara anggota keluarga. 

4. Memeluk hewan peliharaan juga mengurangi stress, rasa kesepian dan kegelisahan. 

Tidak hanya itu, hewan peliharaan bisa jadi jembatan untuk menceritakan kisah di Alkitab kepada anak-anak. Contohnya, menceritakan bagaimana Adam berada di taman Eden dan Tuhan memerintahkan untuk memelihara taman dan memberi nama  para hewan, atau mungkin kisah Nabi Nuh yang membuat bahtera dan Tuhan membawa hewan-hewan datang kepada Nuh, supaya mereka selamat. 

Ya, sekalipun sulit memelihara hewan, namun ada banyak hal positif yang bisa didapat oleh anak-anakmu. Jadi, mengapa tidak mencobanya. Selamat bersenang-senang dengan hewan peliharaan kalian ya..

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami