Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
368


Rasanya terlalu cepat. Anak-anak sudah bertumbuh dan menjadi remaja sekarang.

Kalau sudah begini, para orangtua harus terus belajar cara menyikapi anak  dengan benar. Semakin usia mereka bertambah, semakin banyak hal yang harus kita mengerti mengenai mereka.

Kalau anak-anak usia 5 tahun, mungkin masih begitu mudah untuk di atur dan tak begitu banyak mengerti dan menjalani proses dalam hidupnya sehingga mereka pun tidak meminta sesuatu yang sulit.

Nah, kalau sudah memasuki remaja apalagi dewasa, orangtua harus memposisikan diri dan berperan dengan jauh lebih bijaksana lagi.

Nah, inilah hal -hal yang orangtua harus tahu dan diinginkan anak dari kita.

1. Mereka mau didengarkan

Ketika anak-anak masih di usia 4 atau 5 tahun, mungkin mereka tidak masalah jika kamu tidak mendengarkannya dengan baik, karena memang, apa yang mereka mau sudah bisa kita tebak dengan mudah.

Beda halnya dengan anak berusia remaja, mereka biasanya memiliki sebuah keinginan diperhatikan dan didengarkan lebih dekat lagi.

Abaikan ponsel kamu, atau tugas kamu atau apapun itu yang membuatmu sibuk.

Berikan waktumu, duduk dan pandanglah anak kamu ketika mereka sedang berbicara.

Mereka ingin kita ada untuk mereka dan menceritakan masalah mereka, entah itu disekolah dan lain sebagainya. Mereka membutuhkan kita sebagai orangtua untuk membantu, bahkan memperbaiki masalahnya. Mereka butuh kasih dan cinta bukan sekedar saran saja.

Mendengar adalah bentuk cinta atau kasih. Jangan sampai putrimu mencari pria lain untuk mendengarkan mereka dan terjerat dalam dosa yang kamu tidak ketahui ya, atau bercerita kepada temannya yang lain yang akhirnya membuatnya jatuh dalam pergaulan yang nggak baik.

2. Mereka ingin dipercaya

Memang sih, kadang kala ada saja sikap anak yang menyebalkan dan perlu diberi saran atau dinasehati, tapi bukan berarti dikritik setiap waktu ya!

Dulu, setiap saya menyapu rumah dan tidak begitu bersih, orangtuaku akan mengkritik meskipun tidak memarahiku, namun karena itu terus menerus dia lakukan, saya cukup sedih dan frustasi.

Inilah yang harus dimengerti oleh orang tua bahwa kritikan, ataupun kuatir mengenai hal-hal kecil yang anak lakukan bisa membuat mereka frustasi.

Orangtua harus tahu, mereka tidak lagi anak kecil yang nggak tahu menjaga diri mereka sendiri, jangan menjadi orangtua yang posesif.

Berikan mereka kepercayaan untuk menjalani atau melakukan sesuatu tetapi tetap di bawah pengawasan dan pimpinan kamu.

Misalnya, seperti membersihkan dapur, membuat pilihan dalam hidupnya seperti sekolah, karir dan lain-lain.

Percayalah kepada Tuhan bahwa Ia akan selalu memegang kendali hidup anak-anakmu. Tuhan tahu apa yang baik dan nggak buat dia. Jika hari ini dia ingin melakukan sesuatu, jika itu baik, silahkan berikan kesempatan dan kepercayaan untuk melakukannya. Jika dia salah, jangan mengkritik tetapi tuntun dia untuk memperbaikinya.

3. Mereka ingin ditanya mengenai hubungan dan perjalanan rohani mereka

Orangtua sering banget cuek akan hal ini. Bergabung di komunitas youth bukanlah sebuah jaminan bahwa anak sudah bertumbuh dalam hubungan dengan Tuhan. Orangtua harus benar-benar hati-hati dan peduli akan hal ini.

Cobalah, bertanyalah sesering mungkin kepada mereka mengenai Firman Allah, apa yang mereka sudah baca, dan sharinglah bersama mengenai apa yang orangtua sudah baca juga.

Orangtua adalah orang yang pertama yang melindungi anak-anak, jika kamu berbicara mengenai perjalanan rohani mereka dari sekarang, maka kamu sebagai orangtua akan menjadi orang yang akan mereka datangi ketika mereka menghadapi sebuah keraguan dan pertanyaan soal iman mereka.

Nah itulah 3 hal yang harus diketahui oleh orangtua dalam mendidik anak-anak yang sudah memasuki masa remajanya. Jangan terlalu cuek dan menganggap bahwa semuanya sudah dalam kendali ya mom atau dad! Rendahin hati dan bergaul dekatlah dengan sang anak, supaya mereka tetap berdiri dalam kebenaran seperti yang kamu dan Allah kehendaki!

 

Sumber : crosswalk | jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

0 Answer

Kefas Yonas 16 August 2018 - 02:13:34

shalom , apakah tanya tentang wetong kepada orang .. more..

0 Answer

Christian 14 August 2018 - 10:38:46

prolegomena

0 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week 2


7189

Gempa Lombok