Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
594


Beberapa studi mengklaim kalau tidur pakai kipas angin bisa menyebabkan gangguan pada jantung. Yang lainnya ada juga yang bilang kalau kebiasaan tidur pakai kipas angin bisa menyebabkan penyakit asma, terutama bagi mereka yang terbiasa tidur dengan mulut terbuka.

Tak hanya itu, kipas angin juga bisa membuat mulut dan hidung kering serta bisa menyebabkan alergi akibat debu yang tersapu oleh kipas.

Tapi kondisi cuaca di musim kemarau tentu saja akan membuat suhu udara di malam hari terasa panas. Tidur tanpa kipas angin pun jadi sesuatu yang sulit. Karena rasa gerah dan tidak nyaman akan terasa. Daripada gak bisa tidur, menghidupkan kipas angin pun jadi pilihan.

Baca Juga : 

5 Hal Penganggu Kualitas Tidur Anda

8 Kebiasaan Aneh Akibat Gangguan Tidur


Fakta memakai kipas angin

Kita pasti sudah parno duluan setelah tahu tentang bahaya tidur pakai kipas di atas. Tapi para ahli akhirnya membantah temuan itu karena penggunaan kipas angin sebenarnya tak semengerikan itu.

“Tak ada hal beracun dari kipas angin. Tidak ada yang salah dari sirkulasi udara,” ucap dr. Len Horovitz, seorang ahli pulmonology di Lenox Hill Hospital, New York.

Horovitz berpendapat bahwa tidur nyenyak itu jauh lebih penting daripada gak bisa tidur karena kegerahan. Tapi untuk mengurangi risiko kesehatan, pengguna harus paham betul cara penggunaan kipas angin saat tidur.

Dia menyarankan untuk sebaiknya menempatkan posisi kipas angin dengan jarak yang aman dari tempat tidur. Jangan tidur dengan posisi kipas angin yang mengarah langsung ke tempat tidur. Hal ini membantu untuk mencegah risiko penyakit yang mungkin bisa terjadi.

Sementara untuk masalah debu atau alergi akibat kipas angin bisa disiasati dengan memasang filter udara di kamar tidur. Atau bisa juga melakukan irigasi sinus secara rutin supaya hidung tetap lembab.

Tidur baik dengan kipas angin maupun AC sama-sama bisa menimbulkan risiko kesehatan. Tapi hanya dengan cara penggunaan yang tepat, maka risiko itu bisa diatasi dengan baik. Jadi, di musim panas yang menggerahkan ini kamu tak perlu takut memakai kipas angin saat tidur kalau memang hal itu harus kamu lakukan.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer


chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Banner Mitra Week 2


7228

Superyouth