Dampak Gempa Lombok Sampai Ke Bali, Ornamen Gereja Di Denpasar Ini Runtuh
Sumber: https://asset.kompas.com/crop/0x0:1000x6

Nasional / 6 August 2018

Kalangan Sendiri

Dampak Gempa Lombok Sampai Ke Bali, Ornamen Gereja Di Denpasar Ini Runtuh

Inta Official Writer
4330

Gempa 7 SR pada kedalaman 15 km di Nusa Tenggara Timur mengakibatkan 82 orang korban jiwa dan banyak bangunan yang rusak. Salah satu bangunan yang rusak adalah Gereja Katedral Denpasar.

Gempa yang berpotensi menimbulkan tsunami ini terjadi pada Minggu malam pada 18.46 WIB ini menyebabkan ornamen-ornamen di Gereja Katedral Paroki Roh Kudus Denpasar runtuh. Romo Herman Yosep Babey mengatakan kalau gempa terjadi tepat setelah jemaat menyelesaikan kebaktian minggu.

Tidak ada korban jiwa di lokasi sekitar gereja, hanya saja banyak ornamen yang berjatuhan ke lantai. "Saat kejadian pegawai gereja namanya Boni mau kunci (pintu gereja). Dia lihat langsung batu-batu ornamen yang lepas dari bagian atas. Ini yang paling kencang sampai lepas-lepas," jelas Herman. 

Meksipun hanya merupakan kerusakan ringan, pihak gereja perlu melakukan peninjauan kembali soal kerusakan pada gereja ini. Herman mengaku bersyukur sebab saat gempa terjadi, semua jemaat telah pulang dan tidak ada satupun jemaat yang berada di dalam gereja.  

Saat ini, status potensi tsunami telah dicabut oleh BMKG. Banyak orang yang juga berdatangan untuk mengulurkan bantuan bagi para korban. Kepedulian warga juga disalurkan melalui hashtag #Prayforlombok yang tersebar di media sosial.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami