Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
446


Kita pasti tahu dong ya kalau punya mentor dapat memberi dampak yang baik dalam karir atau usaha. Seorang mentor bisa memberikan peluang karir atau usaha, bahkan menuntun dalam membuat keputusan terbaik saat kita dalam mengambil risiko.

Lalu, bagaimana cara kita mencari seorang mentor? Sebelum mulai mencari dan berpikir kalau menemukan seorang mentor itu sulit, berikut 3 mitos yang harus kita singkirkan jauh-jauh dari pikiran.

1. Perlu bertanya secara formal pada orang tersebut untuk menjadi mentor kita

Pada awalnya, kita pasti berpikir kalau mendapatkan seorang mentor perlu modal. Padahal, seorang mentor bisa ditemukan melalui sebuah hubungan pertemanan yang baik. Contoh saja Alex dan Dean. Semasa kuliah, Alex adalah seorang dosen praktisi di kelas Dean.

Dean sangat kagum dengan Alex, sehingga ia memulai sebuah percakapan dengannya. Mulai dari percakapan tentang perjalanan karir Alex sampai menyampaikan tujuan, keduanya menjalin sebuah hubungan pertemanan yang baik. Sepanjang hubungannya tersebut, Dean mendapatkan banyak pelajaran yang bisa ia contoh dari Alex.

Tanpa bertanya dengan formal, Dean memiliki Alex sebagai mentornya. Cobalah untuk menjalin sebuah hubungan dengan orang yang bisa menjadi contoh dalam usaha atau karir kita. Kemudian, ajaklah mereka untuk ngobrol atau ngopi bersama. Obrolan yang santai bisa menjadi cara termudah kita dalam mendapatkan mentoring bisnis atau karir.

2. Kita harus menemukan mentor dalam bidang yang sama

Siapa yang tahu tentang darimana peluang akan berasal? Saat kita mulai membuka diri dalam bidang yang lain, kita jadi belajar mengenai berbagai macam sudut pandang. Kebanyakan informasi yang relevan dengan bidang yang kita ambil bisa didapat darimana pun.

Penting buat kita pahami bahwa mentor adalah mereka yang bisa kita ajak untuk berdiskusi dan terus terang. Mencari mentor dengan ketertarikan yang sama memang penting, tapi hal ini tidak berarti kita harus menutup diri dari orang lain dengan pengalaman yang berbeda dengan bidang yang kita ambil.

3. Cukup punya satu mentor sepanjang perjalanan karir atau usaha kita

Kita bisa belajar pembukuan dari mereka yang ahli pembukuan. Pun belajar dari pada editor untuk menciptakan konten yang kreatif. Menjadikan seorang mentor sebagai contoh sukses itu baik. Untuk itu kita perlu mencari mentor yang terbaik dan tepat.

Untuk mendapatkannya, cobalah untuk mendatangi orang yang ahli dalam bidang tersebut dan bertanya. Keingintahuan kita akan sesuatu tidak hanya mengantarkan pada hal baru, tapi juga menunjukkan keterlibatan dan minat dalam pekerjaan yang kita lakukan.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan mentor yang paling tepat. Saat kita menemukan seseorang yang bisa dipercaya dan kagum kepada orang tersebut, jagalah komunikasi dengannya, jalinlah hubungan yang baik dengannya. Jadi, mentor bisa ditemukan dimanapun, tanpa harus membayar uang yang cukup mahal atau mencari mereka dengan posisi top.

Sumber : mentor

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Antonius Adi 21 May 2019 - 18:03:50

Halo selamt mlm, sy ada permasalahan, apakah bs di.. more..

1 Answer

Nicholas Mattheus 21 May 2019 - 14:37:53

Tunduk

0 Answer

Niketut Blegur 19 May 2019 - 22:01:49

menurut perjanjian lama kurban dibagi menjadi 2 ya.. more..

0 Answer


Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:04
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Kopdar Superyouth


7248

Testify20