Selain Manfaat Rohani, Berpuasa Juga Bermanfaat Buat Kesehatan Lho! 4 Hal Ini Contohnya

Health / 6 August 2018

Kalangan Sendiri

Selain Manfaat Rohani, Berpuasa Juga Bermanfaat Buat Kesehatan Lho! 4 Hal Ini Contohnya

Naomii Simbolon Official Writer
1456

Tentu kata puasa udah nggak begitu asing lagi di telinga kita. Puasa nggak cuma dijalankan oleh umat Muslim, namun juga dilakukan oleh Kristen.

Nah, bahas soal puasa. Pasti yang pertama sekali terbesit di pikiran kamu adalah nggak makan dan juga nggak minum.

Bagi kita orang Kristen, puasa nggak cuma sekedar makan nggak makan, tapi beberapa orang serius mengambil puasa untuk memutuskan sesuatu, ada yang ingin mendapat jawaban dari Tuhan dan ada juga yang ingin sembuh dari sebuah penyakitnya. Namun, pada intinya puasa adalah salah satu cara membuat kita semakin dekat kepada Allah.

Secara umum sebagian besar jenis puasa dilakukan selama 24-72 jam.

Selain membuat dekat kepada Tuhan, berpuasa juga ternyata memiliki dampak yang baik banget untuk kesehatan tubuh, mulai dari menurunkan berat badan juga meningkatkan fungsi otak jauh lebih baik.

Dikutip dari Healthline, berikut beberapa manfaat kesehatan yang kita dapat dari puasa.

1. Meningkatkan kontrol gula darah dengan mengurangi resistensi insulin

Beberapa penelitian ternyata sudah menemukan bahwa puasa bisa membantu tubuh meningkatkan kontrol gula darah yang sangat berguna bagi kamu yang berisiko diabetes.

Healthline juga menuliskan bahwa studi memberikan bukti dari 10 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa puasa dengan jangka pendek secara signifikan menurunkan kadar gula darah. Sementara itu, ulasan lain menemukan bahwa puasa membatasi asupan kalori untuk mengurangi resistensi insulin.

Penurunan ini bisa meningkatkan kesensitifan tubuh terhadap insulin, sehingga memungkinkan insulin mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel tubuh manusia secara efesien.

2. Puasa bisa meningkatkan kesehatan jatung dengan meningkatkan tekanan darah, trigliserida dan kolekstrol

Penyakit jantung adalah penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak orang karena menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Siapa diantara kamu yang kalau mendengar sakit jantung langsung panik dan berusaha keras untuk mengobati dan menghindarinya?

Yap, mengubah pola makan dan gaya hidup sehat merupakan salah satu cara yang efektik untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian menemukan bahwa berpuasa secara rutin sangat bermanfaat banget buat kesehatan jantung.

3. Puasa juga bisa meningkatkan fungsi otak dan mencegah gangguan neurodegeneratif

Dikutip dari Healthline bahwa puasa sangat ampuh dan kuat meningkatkan kesehatan dan fungsi otak manusia.

Penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa berpuasa dengan berselang-seling selama 11 bulan bisa meningkatkan fungsi dan struktur otak.

4. Selain itu, puasa juga membantu tubuh meningkatkan sekresi hormon pertumbuhan yang vital untuk metabolisme, berat badan dan kekuatan otot.

Human Growth Hormone (HGH) adalah sejeis hormon yang berperan sebagai protein dan penting banget untuk aspek kesehatan kita. Hormon ini berperan penting menjadi kunci dalam pertumbuhan tubuh, metabolisme, menurunkan berat badan dan menguatkan otot.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa puasa bisa meningkatkan kadar HGH.

Setelah membaca manfaat puasa yang tertera di atas, apakah kamu semakin semangat untuk mengambil waktu dan komitmen untuk berpuasa kepada Allah?

Sumber : healthline | Jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami