Bukan Mengekang, Tapi 3 Cara Ini Bisa Yakinkan Anak Pilih Gereja yang Tepat
Sumber: The Laurel of Asheville

Parenting / 3 August 2018

Kalangan Sendiri

Bukan Mengekang, Tapi 3 Cara Ini Bisa Yakinkan Anak Pilih Gereja yang Tepat

Lori Official Writer
1796

Bukan cuma karena munculnya banyak gereja ekstrim atau yang sudah menyimpang belakangan ini. Tapi sebagai orangtua, sadarilah kalau pilihan gereja juga sangat mempengaruhi hidup anak-anakmu. Dan kaau kita gak membesarkan anak-anak kita untuk memilih gereja yang tepat dan yang membuat mereka bertumbuh secara iman, mereka bisa dengan mudah jatuh ke dalam ajaran yang sangat berbahaya. Bahkan beberapa diantaranya bisa menyebabkan masalah bagi keselamatannya.

Bukannya mengekang anak menentukan pilihan gerejanya, tapi pastikanlah supaya kami mengarahkan anak melakukan 3 hal ini:

1. Sampaikanlah kalau memilih gereja itu penting

Anak-anak dari segala usia harus sadar pentingnya memilih gereja yang dibangun di atas firman Tuhan dan bagaimana gereja it uterus bertumbuh dalam komunitas yang baik dan sehat. Anak-anak harus tahu bahwa di dunia kekristenan saat ini ada beragam gereja. Karena itu anak perlu kebijaksanaan untuk memilih yang tepat.

2. Jelaskan hal apa saja yang harus ada dalam sebuah gereja

Jelaskanlah hal apa saja yang harus anak ketahui sebelum memilih sebuah gereja. Faktor seperti komunitas anak mudanya, cara ibadahnya, siapa pendetanya dan bagaimana pertumbuhan di dalam gereja itu sendiri menjadi poin yang perlu diketahui. Selain itu pastikan gereja menganut doktrin yang sesuai dengan Alkitab.

Baca Juga :

Ajarkan Anak Soal Teologi Bermanfaat Buat 5 Hal Ini Loh….

5 Penyebab Banyak Anak Menolak Ikut Keyakinan Orangtuanya

3. Ajarkan anak mendeteksi tanda-tanda bahaya yang timbul di dalam gereja, termasuk:

- Gak ada pernyataan imannya. Ada beberapa gereja yang tak kehilangan esensi dari Janji Iman Orang Percaya atau bahkan gereja itu tidak dengan jelas mengungkapkan doktrin yang mereka percayai. Dan ini sangat berbahaya bagi orang-orang Kristen yang masuk sebagai anggota di dalamnya.

- Pernyataan imannya tidak secara jelas mengidentifikasikan Yesus sebagai bagian dari Tritunggal. Banyak gereja liberal mengakubahwa mereka tak percaya pada Tritunggal, tapi hal ini tak disebutkan dengan jelas. Hal ini menunjukkan kalau gereja tersebut sudah meninggalkan pengajaran alkitabiah sesuai dengan yang tertulis di dalam Alkitab.

- Pernyataan iman gereja justru berisi tentang pandangan merendahkan kekristenan. Seperti mengatakan, “Kami percaya bahwa Alkitab adalah kumpulan buku, surat, puisi dan tulisan-tulisan yang ditulis oleh manusia.”

Tentu saja hal ini tidak benar bukan? Jadi, ingatkan anak untuk berhati-hati dengan bagian ini.

- Gereja tidak berkaitan atau terkoneksi dengan organisasi atau komunitas agama manapun. Hal ini bisa jadi pertanda kalau gereja tersebut adalah aliran agama atau sekte yang dibuat oleh pemimpin gereja itu sendiri untuk suatu tujuan yang tersirat.

Bahaya-bahaya seperti di atas patut diketahui anak-anak kita supaya nantinya saat mereka mulai beranjak dewasa, mereka bisa memilih mana gereja yang benar dan yang tidak.

“Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.” Ulangan 6: 6-7

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami