Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
605


Kita adalah pribadi yang unik. Tentang keunikan setiap pribadi, John C. Maxwell menceritakan mengenai dua orang pria yang sedang memancing ikan. Pada suatu sore, ada dua orang pria yang duduk menunggu umpannya dimangsa oleh ikan. Ditengah-tengah penantian tersebut, mereka memulai sebuah percakapan.

Satu pria menceritakan istrinya, memuji-mujinya dan menonjolkan kebaikan yang ada pada istrinya. Sementara pria lain mendengarkan, pria pertama tadi menutup ucapannya demikian, "Kamu tahu, kalau semua pria seperti saya, mereka semua pasti mau menikahi istri saya."Menanggapi si pria pertama tadi, pria kedua berkata, "Dan kalau semua pria sama seperti saya, bisa dipastikan kalau tidak ada satupun wanita yang mau."

Tidak ada satu pribadipun yang sama. Bahkan mereka yang kembar identik pun pasti punya perbedaan, baik dalam sifat, minat, sampai kepribadian  Bayangkan kalau dari milyaran manusia yang ada di muka bumi ini, ternyata tidak ada satupun yang persis sama.

Tuhan memang menghendaki kita, manusia untuk memiliki perbedaan dan keunikan. Kejadian 1:27, "Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka."

Sejak pertama kali manusia diciptakan, Adam dan Hawa sudah berbeda dalam hal jenis kelamin. Demikian juga saat mereka berdua memiliki anak, dalam hal minat, Kain adalah seorang petani, sementara Habel bekerja sebagai peternak.

Hal ini sudah cukup menjelaskan kalau Tuhan memang menghendaki kita, sebagai manusia yang berbeda, unik, dalam berbagai sisi. Kita juga harus mengingat kalau Tuhan menciptakan manusia secara pribadi, bukan lewat penciptaan massal.

Lewat pemahaman bahwa setiap pribadi yang unik, kita bisa belajar mengenai penerimaan diri sendiri dan orang lain. Satu, setiap kita harus bisa bersyukur pada keadaan kita yang sekarang ini. Pesek, mancung, pendek, tinggi, semua ciptaan Tuhan adalah unik, tidak ada alasan bagi kita untuk mengeluh hanya karena kita berbeda.

Tidaklah perlu kita mencoba untuk menjadi orang lain. Justru sebaliknya, kita perlu bersyukur dan bangga karena Tuhan telah menjadikan kita berbeda dan unik. Bahkan melalui perbedaan tersebut, Tuhan akan menyatakan karyanya bagi kita.

Dua, sebagaimana bisa menerima diri sendiri, kita juga harus bisa menerima pribadi orang lain. Baik kekurangannya, kelebihannya, keberadaannya, kita harus bisa menerima semua itu. Mereka tidak harus sama seperti kita, sebab Tuhan telah menghendaki mereka berbeda dari kita. 

Ada orang yang punya wajah mirip, tapi bisa dipastikan kalau sifatnya tidaklah mirip. Pun orang yang punya sifat dan wajah mirip, mereka pasti punya talenta yang berbeda. Pengalaman hidup mereka pun berbeda.

Mulai sekarang, kita harus bisa menerima setiap perbedaan yang ada dalam kita dan orang lain. Sebab dengan menerima keadaan tersebut, kita akan jauh dari iri hati, kecemburuan dan menjadi lebih bersyukur atas setiap hal yang kita terima. 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer


chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Banner Mitra Week 2


7226

advertise with us