Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1708


Siapa sangka di balik rasa sakit mengandung (hamil) dan melahirkan anak, wanita rupanya bisa mendapat keuntungan dari kondisi ini loh buat kesehatan.

Setiap wanita hamil dan melahirkan bisa terbebas dari 6 penyakit ini:

1. Kanker Payudara

Wanita yang melahirkan lebih dari lima anak setidaknya 50% jauh lebih terbebas dari risiko kanker payudara dibanding dengan wanita yang tidak pernah melahirkan sama sekali.  Hal ini terjadi karena proses menstruasi yang berhenti selama masa kehamilan bisa mengurangi produksi estrogen dan progesteron.

Seperti hasil studi menemukan kalau wanita yang melahirkan di usia 20 tahun mengalami risiko kanker payudara lebih rendah daripada wanita yang menunggu hamil dan melahirkan di usia 30 tahun.

2. Kanker Ovarium

Sama seperti kanker payudara, wanita yang hamil dan melahirkan anak mengalami penurunan risiko dari penyakit kanker ovarium. Karena saat wanita menyusui anak mereka akan lebih sedikit terpapar hormon reproduksi selama masa hidup mereka.

“Pil KB dan laktasi bermanfaat untuk mengurangi jumlah siklus yang dimiliki wanita dan bisa melindungi wanita dari kanker ovarium,” kata Ronald Alvarez, MD, Profesor dan ketua departemen kebidanan dan ginekologi di Vanderbit University Medical Center di Nasville.

3. Kanker Endometrium

Kanker endometrium adalah istilah lain dari kanker dinding rahim. Ini adalah salah satu penyakit mematikan yang sering dialami oleh wanita. Untungnya, saat wanita hamil dan melahirkan mereka akan jauh lebih terbebas dari risiko ini dibandingkan wanita yang tak pernah hamil dan melahirkan.

Baca Juga :

Operasi Caesar, Kapan Ibu Hamil Sebaiknya Melahirkan dengan Cara Ini?

Melahirkan Bikin Wanita Cepat Tua, Benarkah?

4. Demensia dan penyakit Alzheimer

Sebuah penelitian menemukan bahwa riwayat reproduksi seseorang bisa mempengaruhi risiko demensia dan penyakit Alzheimer. Sekitar dua pertiga orang dengan penyakit ini banyak dialami oleh wanita.

“Untuk waktu yang lama, kami pikir wanita hidup lebih lama dan hal itu harus kembali dijelaskan,” kata Heather Snyder, PhD, direktur senior operasi medis dan ilmiah di Alzheimer’s Association.

Sementara dalam penelitian yang lain yang diumumkan di Konferensi Internasional Asosiasi Alzheimer 2018 menyampaikan kalau wanita yang punya tiga atau lebih anak mengalami penurunan risiko demensia 12% dibanding dengan wanita hanya dengan satu anak.

5. Kegemukan

Punya lebih banyak anak menurunkan risiko obesitas bagi wanita. Dalam sebuah penelitian menunjukkan kalau tingkat obesitas wanita akan menurun sebesar 11% saat mereka punya banyak anak.

Gak ada yang tahu pasti kenapa hal ini bisa terjadi. Tapi resistensi insulin diyakini jadi faktor peningkatan berat badan. Selain itu obesitas bisa meningkatkan peluang untuk mengembangkan penyakit lain di kemudian hari, terutama diabetes, penyakit jantung dan kanker.

6. Penyakit jantung

Penyakit jantung pada wanita biasanya terjadi karena komplikasi selama kehamilan, misalnya wanita yang melahirkan anak prematur, preeklamsia dan diabetes. Beragam komplikasi inilah yang bisa menyebabkan wanita mengalami masalah pembuluh darah dan metabolisme yang tidak baik selama kehamilan. Sementara berapa banyak anak yang dilahirkan tak berkaitan dengan penyebab penyakit jantung pada wanita.

Kalau kamu merasa informasi ini penting untuk dibagikan ke semua wanita yang kamu kenal, bagikan sekarang. Mari mengedukasi semua wanita soal kehamilan dan proses melahirkan anak. Karena dibalik rasa sakit yang dialami setiap wanita ternyata ada keuntungan kesehatan yang bisa mereka peroleh.

Sumber : Boldsky.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Armin Maulana 15 September 2019 - 18:57:54

Sebuah kapasitor keping sejajar diudara mempunyai .. more..

0 Answer

marsel sihombing 14 September 2019 - 20:37:08

perkataan kotor

0 Answer

Satra Zebua 12 September 2019 - 21:02:16

Apa artinya saya hidup

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 2


7269

advertise with us