Diancam Sanksi Oleh Amerika Karena Tak Bebaskan Pendeta Ini, Presiden Turki Tak Bergeming
Sumber: Washington Post

Internasional / 30 July 2018

Kalangan Sendiri

Diancam Sanksi Oleh Amerika Karena Tak Bebaskan Pendeta Ini, Presiden Turki Tak Bergeming

Puji Astuti Official Writer
2231

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdagon tak bergeming walau diancam akan mendapatkan sanksi  dari Amerika Serikat jika tidak membebaskan Pendeta Andrew Craig Brunson (50) yang saat ini mejalani tahanan rumah.

“Mereka tidak bisa membuat Turki mundur karena sanksi,” demikian pernyataan Endargon yang dikutip oleh media Turki.

“Amerika Serikat jangan melupakan bahwa kecuali mereka berubah sikap, mereka akan kehilangan rekan yang kuat dan tulus seperti Turki,” demikian ia memberikan peringatan kepada Amerika.

Baca juga :

Dianggap Lakukan Aksi Terorisme, Otoritas Turki Telah Penjarakan Pendeta ini Selama Lebih 500 Hari!

Lama Terkubur, Arkeolog Akhirnya Temukan Sisa Bangunan Gereja Tertua di Turki
Ancaman sanksi kepada Turki dilontarkan Donald Trump pada Kamis (26/7/2018) lalu. Turki sendiri merupakan sekutu NATO yang sangat penting. Namun karena penangkapan atas Brunson, seorang pendeta asal Black Mountain, North Carolina yang telah melayani di Turki selama 23 tahun tersebut, hubungan antara Amerika dan Turki menjadi memanas.

Brunson sendiri ditangkap pada 2016 lalu dengan tuduhan menjadi bagian organisasi teror tanpa menjadi anggota dan menjadi mata-mata. Dia terancam hukuman penjara di atas 35 tahun.

Saat ini beredar isu bahwa Turki melakukan kesepakatan menukar Brunson dengan seorang penduduk Turki yang ditangkap oleh Israel. Warga Turki yang bernama Ebru Ozkan (27) itu menghadapi tuduhan melakukan teror. Namun isu ini dibantah oleh Pemerintah Turki. 

Sumber : Washingtonpost.com
Halaman :
1

Ikuti Kami