Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
642


Sebagian dari kita pasti pernah mengalami kepahitan. Setiap pengalaman hidup yang kurang enak, seperti hubungan yang kurang baik antara orang tua dan kita, hubungan yang memalukan, merugikan, mencelakan, dan hal lainnya bisa menimbulkan akar pahit dalam diri kita. Tidak cuma pada dirinya sendiri, seringkali kepahitan juga melukai seseorang tanpa ada alasan yang jelas.

Bebas dari kepahitan berarti menyediakan hati untuk dipenuhi oleh Roh Kudus. Berikut adalah alasan kenapa kita tidak boleh berlama-lama menyimpan kepahitan.

1. Kepahitan menjauhkan kita dari Tuhan


Hubungan dengan Tuhan yang intim dan personal merupakan sumber kekuatan kita. Akar pahit bisa membentengi hubungan kita dengan Tuhan. Ketika menyimpan kepahitan, tanpa sadar kita juga melupakan pengharapan yang ada dalam diri sebab kepahitan mengarahkan fokus kita pada permasalahan, bukan pada Tuhan.

Saat kita merasa kecewa pada Tuhan, teman, atau keluarga, ingatlah kalau Tuhan akan selalu bersama-sama dengan kita dalam keadaan apapun.  Ayat dari Yesaya 41:10 akan menguatkan hati kita saat mengalami kepahitan, "Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kananKu yang membawa kemenangan."

2. Kepahitan mengasingkan kita dengan orang lain


Ada waktu dimana kita kehilangan kepercayaan pada orang lain karena merasa pernah dikecewakan. Setiap akar pahit yang tertanam dalam kita tanpa sengaja menjauhkan banyak orang disekitar kita. Akhirnya, mereka mulai lelah dan menyerah pada sikap kita tersebut dan meninggalkan kita sendirian. Seperti Tuhan, orang-orang disekitar pun mengasihi kita.

Adanya satu orang yang menyakiti kita nggak berarti kalau orang yang lainnya akan ikut menyakiti kita. Mereka, bahkan orang yang menyebabkan akar pahit dalam diri bukanlah musuh utama kita, melainkan si iblis yang memberikan pembenaran tentang menyimpan akar pahit dalam diri kita. keputusasaan dan kepahitan merupakan dua cara yang sering dipakai oleh iblis untuk menjauhkan kita dengan sesama.

Baca juga: Cerdas Emosional Penting Untuk Bangun Hubungan Yang Baik, Ini 5 Sikapnya

3. Kepahitan membuat kita bingung mengenai siapa diri kita yang senenarnya


Kita bukanlah pribadi yang kasar dan jahat. Orang percaya bukanlah pribadi yang suka menjatuhkan orang lahin dan menolak hal-hal baik dalam kehidupan. Kepahitan sering membawa kita pada perjalanan yang lebih jauh menuju Tuhan, bahkan menyesatkan kita.

Hal ini seperti kita menyadari kalau ada kerikil kecil dalam sepatu, tapi kita mengabaikan hal tersebut sehingga perjalanan menjadi jauh lebih menyakitkan. Kitalah satu-satunya pribadi yang bisa menghentikan setiap akar pahit yang ada dalam hidup, dan kita pula lah yang harus menentukan pilihan untuk menghapuskan akar pahit tersebut.

Cara untuk menghilangkan akar pahit adalah untuk berserah kepada Tuhan dan memintaNya menjadi hakim atas kita. Saat Tuhan mengambil peranNya, damai sejahtera akan turun bagi kita. Beban kepahitan yang berat dan membuat kita marah, benci akan diangkat Tuhan, dan hanya Tuhan yang bisa melakukan hal ini.

Langkah selanjutnya adalah dengan bersyukur atas segala hal baik yang terjadi dalam kehidupan kita. Dengan menempatkan fokus pada setiap hal positif, kita akan menemukan kebaikan Tuhan yang telah tercurah atas kita. Ingatlah kalau kepahitan adalah sebuah pilihan, kita harus belajar menolaknya dan memilih damai sejahtera dan kelegaan. Terakhir, nikmatilah kebersamaan dengan Tuhan dan orang-orang yang ada disekitar kita. Tidak ada hal lain yang menarik perhatian selain mereka yang siap untuk kita kasihi dan mengasihi kita.

Sumber : thoughtco

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Awal Satria 22 October 2018 - 05:41:20

Sebutkan hal hal yang harus diperhatikan oleh seor.. more..

0 Answer

P. Tampubolon 22 October 2018 - 03:30:16

Mi yak urapan

0 Answer

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7274

Konselor