Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
400


Di era yang serba modern dan digital ini, kita sebagai generasi milenial atau Gen Z harus bisa bertanggung jawab atas diri sendiri. Salah satu yang harus diselesaikan oleh generasi kita adalah dalam menentukan tujuan finansial atau keuangan.

Masalah keuangan yang sering muncul dari kita adalah kurangnya kesiapan dalam hal finansial. Coba deh kalau kita lihat lagi, berapa di antara kita yang merupakan first jobber, kemudian langsung bisa mengalokasikan uang gaji dalam pos dana darurat?

Nggak jarang kita terlena dengan kebiasaan konsumtif yang bikin kondisi keuangan kita jadi lebih buruk. Untuk itu, penting buat kita untuk memiliki kemampuan mengelola keuangan untuk merencanakan keuangan yang sesuai dengan trend dan kebiasaan generasi milenial dan gen z.

Mengelola keuangan bisa terdengar sangat menakutkan, bahkan bisa dikatakan kalau kebutuhan kehidupan generasi kita ini punya biaya yang cukup tinggi, bahkan sulit rasanya untuk bisa menabung dan memiliki aset pribadi di masa muda kita.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan saat mengelola keuangan.  

1. Jangan biarkan makanan membakar keuangan kita

Terutama buat kita yang tinggal di kota besar, memperhatikan pengeluaran sehari-hari bisa menjadi kunci sukses pengelolaan keuangan. Makanan adalah salah satu alasan kenapa kondisi kantong kita tidak kunjung membaik.

Cobalah untuk merencanakan menu makanan untuk seminggu ke depan sekaligus berapa uang yang perlu dihabiskan untuk biaya makan. Cara ini akan membuat kita menjadi lebih disiplin dalam hal keuangan sehari-hari.

2. Jangan habiskan gaji yang bahkan belum kita terima

Kebanyakan dari generasi kita punya kebiasaan konsumtif yang sering berbelanja secara impulsif. Berbelanja hanya karena lapar mata, ikut-ikutan trend, ajakan teman, dan lain sebagainya nggak akan bikin kondisi dompet semakin membaik.

Perencanaan keuangan sangatlah penting buat kita, pastikan kalau kita merencanakan uang tersebut berdasarkan kondisi keuangan kita saat ini, bukan kondisi keuangan yang kita harapkan di kemudian hari. Berpikir tentang bagaimana kita akan menghabiskan uang yang akan diterima sama saja artinya kita telah menghabiskan uang yang bahkan belum kita terima.

3. Rencanakan tujuan jangka pendek dan panjang

Buatlah rencana keuangan selama 5 tahun ke depan, kemudian tuliskan mengenai cara kita untuk mencapainya sebagai tujuan jangka pendek. Rencana-rencana termasuk pernikahan, anak, bahkan investasi juga masuk dalam hal yang perlu kita tulis dalam sebuah perencanaan keuangan.

4. Gunakan hukum 50-30-20 dalam mengelola pendapatan

Angka ini berarti 50 persen untuk kebutuhan, 30 persen untuk tabungan dan investasi, sementara 20 persen sisanya untuk digunakan sebagai persembahan dan uang lain-lain. Mengelola porsi keuangan bisa menjadi kebiasaan yang baik sebab membantu kita menjadi lebih realistis dalam mengelola keuangan.

Pengelolaan keuangan tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang punya uang sampai bermilyar-milyar, kita juga memerlukannya, itulah sebabnya mendatangi seorang penasehat keuangan bisa jadi langkah bijak kita untuk mengelola keuangan lebih baik lagi.

Selain 4 hal di atas, penting juga buat kita mengevaluasi dan memiliki pencatatan keuangan buat pengeluaran sehari-hari. Cara ini bisa membantu kita memahami kebiasaan mengelola keuangan kita. Mulai sekarang, biasakan untuk mulai melek dengan kondisi keuangan dan pastikan untuk menghabiskan uang berdasarkan tingkat prioritasnya. Dengan begitu, kondisi keuangan yang baik bisa membuat kita mendapatkan masa depan yang jauh lebih baik lagi. 

Sumber : cnbc

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Melinda 23 October 2018 - 16:31:33

Doa kesembuhan

0 Answer

Sisca 23 October 2018 - 02:10:19

Utang usaha

0 Answer

Novi Aulia 22 October 2018 - 20:14:04

Tentang arti dan makna Seluruh kekayaan alam dan s.. more..

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7278

advertise with us