Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
366


Setelah berkonsultasi dengan dokter atau bidan, lalu diketahui bahwa kamu akan segera menjadi orangtua dan ini benar-benar positif. Maka hal pertama yang dilakukan oleh semua kita adalah mengabarkan semua keluarga, orangtua, kerabat dan teman-teman, bahkan nggak sungkan sanking senangnya, kita malah upload di media sosial ya mom! Selamat ya.

Tapi kalau pun sudah benar-benar positif, mom masih punya beberapa hal yang harus dilakukan ya! Contohnya dibawah ini nih :

Berkonsultasi kepada bidan atau dokter ahli kandungan.

Walaupun hasil test pack sudah menunjukkan bahwa kamu positif hamil, untuk memastikan kehamilan, buatlah janji konsultasi dengan bidan atau dokter ahli kandungan. Awalnya, ibu hamil mungkin belum mendapatkan dokter yang dirasa pas. Dokter yang satu terlalu galak, dokter yang lain kurang komunikatif, dan banyak lagi alasan lain yang membuat sang dokter kurang mengena di hati kamu. Maka, jangan ragu untuk berganti dokter sampai kamu benar-benar mendapatkan dokter yang “pas di hati”, yang akan menemani di sepanjang masa kehamilan.

Untuk konsultasi pertama, pastikan kamu memiliki data tentang hari pertama menstruasi terakhir. Data ini dokter perlukan untuk menentukan perkiraan tanggal kelahiran bayi. Susun juga daftar pertanyaan yang ingin kita sampaikan kepada si dokter.

Menyusun to-do list

Berdasarkan hasil konsultasi dengan bidan atau dokter, kamu dan pasangan sudah bisa mulai menentukan apa-apa saja yang harus dikerjakan sehubungan dengan kehamilan dan kelahiran si buah hati.

Misalnya nih, menyusun kembali pola makan, menyesuaikan rutinitas olahraga dengan kehamilan, menentukan kapan harus membeli baju-baju dan bra khusus ibu hamil, memeriksa asuransi kesehatan, bertanya kepada kantor tempat kerja tentang tunjangan kelahiran, atau menentukan di mana nanti kamu akan melahirkan dan dengan cara seperti apa. To-do list ini akan membantu kamu untuk tetap terorganisasi dalam melakukan semuanya selama kehamilan.

Terapkan hidup sehat

Dengan janin di dalam kandungan, mulailah menerapkan pola hidup yang lebih sehat. Kalau selama ini si ibu sering melewatkan waktu makan pagi, jangan lakukan lagi. Makanlah lima kali dalam sehari; yaitu waktu makan pagi, makan selingan pagi, makan siang, makan selingan sore, dan makan malam. Kalau misalnya istri kamu merokok dan minum minuman beralkohol, hentikan! Nggak cuma selama kehamilan, hentikan selamanya. Ini benar-benar nggak bagus! Mulailah rutin berolahraga untuk mengurangi risiko kehamilan yang bermasalah dan melancarkan proses kelahiran nantinya.

Rencanakan proses kelahiran

Rencanakan dengan sebaik mungkin, tidak hanya secara fisik dan finansial, tetapi juga secara mental. Proses melahirkan adalah suatu proses yang sangat berat loh. Nggak heran jika banyak ibu yang sangat khawatir menghadapinya.

Untuk mengatasinya, carilah sebanyak mungkin informasi mengenai proses melahirkan. Minimal ibu harus paham setiap tahap yang harus di hadapi selama proses melahirkan, suami juga harus tau supaya bisa membantu istri untuk menyemangati dan mempersiapkan apa yang mungkin perlu dipersiapkan. Agar si ibu tenang dan nyaman menuju proses persalinan nanti

Minimal dua bulan sebelum proses melahirkan, pastikan juga si ibu sudah memesan tempat di rumah sakit, memastikan dana sudah tersedia, dan pastikan juga bahwa pasangan tahu apa yang harus dilakukannya selama proses itu dan sesudahnya.

Sumber : nhs.uk

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

0 Answer

Kefas Yonas 16 August 2018 - 02:13:34

shalom , apakah tanya tentang wetong kepada orang .. more..

0 Answer

Christian 14 August 2018 - 10:38:46

prolegomena

0 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week 2


7189

Gempa Lombok