Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
451


Di era sekarang ini, yang namanya perceraian seringkali tak bisa terelakkan lagi. Dan itu tidak pernah mudah untuk dihadapi. Meskipun misalnya kedua belah pihak menginginkan perceraian, tetap saja berpisah dengan teman hidup akan menuntut perubahan hidup yang besar dan bikin terpuruk. Sebagai sahabat, tentunya kamu ingin banget menghibur teman biar nggak sedih berkepanjangan atau bahkan menjauhkan mereka dari kebiasaan-kebiasaan atau keputusan buruk yang menghancurkan.

Namun kadang kala, cara yang kita lakukan bukannya menolong dia, malah membuat dia semakin buruk.

Saya juga pernah mengalami kejadian yang sama ketika sahabat saya bercerai dengan suaminya. Meskipun memang perceraian tidak disukai oleh Tuhan, kadang kala ada saja moment yang membuat seseorang memilih jalan perceraian, misalnya berzinah.

Nah, demikian yang teman saya alami dan sungguh, sebagai orang awam yang belum menikah, saya tidak begitu mengerti harus memberi saran apa, terakhir saya hanya merangkulnya dengan mendengarkan curahan hatinya dan berdoa bersama.

Saya kutip dari Crosswalk, mereka memberitahu  beberapa cara atau hal yang baik dan sangat membantu yang bisa kita lakukan untuk support teman yang sedang bercerai :

Pertama, kamu harus tahu dulu, separah apa kondisi atau situasi teman kamu.

Sebagai teman, kita harus tahu dan mengenal separah apa situasinya. Kadang perceraian nggak cuma bikin trauma, tapi juga depresi. Mungkin selama ini teman kamu sudah berusaha berjuang untuk mempertahankan pernikahannya, namun akhirnya dia depresi dan putus asa sehingga mengarah kepada perceraian.

Cara terbaik, cobalah dekati dia dan ajak bicara. Jangan takut untuk mengajukan pertanyaan yang sulit misalnya, gimana perasaannya sekarang, pikirannya, apakah dia sudah bisa kontrol emosi dan kesedihannya atau gimana.

Belajarlah untuk mendengarkannya dengan baik-baik, dengarkan keluh kesah, keputusan dan apapun yang dia pikirkan, dia tuangkan.

Jangan takut atau ragu untuk menanyakan, apakah dia pernah berpikir untuk menyakiti dirinya atau nggak.

Kedua, tawarkan dukungan secara emosional.

Sebagian besar, perceraian bikin seseorang merasa sangat sendiri. Sekali lagi, bisa jadi teman kamu merasa kesepian dan sendiri selama beberapa waktu menjelang perceraian.

So, ayo undang atau ajaklah teman kamu untuk bicara mengenai pengalaman mereka, bangunlah hubungan pertemanan yang aktif. Bahaslah sesuatu yang tak berhubungan dengan perceraian atau pernikahan. Imbaulah mereka untuk tetap aktif dalam komunitas, walaupun kadang dia mungkin tergoda untuk nggak datang atau mengundurkan diri.

Beraktivitas atau sibuk dengan teman dan pekerjaan adalah obat penawar yang hebat untuk depresi.

Sumber : crosswalk/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Awal Satria 22 October 2018 - 05:41:20

Sebutkan hal hal yang harus diperhatikan oleh seor.. more..

0 Answer

P. Tampubolon 22 October 2018 - 03:30:16

Mi yak urapan

0 Answer

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7274

Konselor