Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
338


Menjalani kehidupan bersama orang lain bukanlah sebuah perkara yang mudah. Seringkali kita berpikir kalau hidup akan jauh lebih mudah saat kita menyimpan pikiran, hati, mimpi sekaligus dosa bagi diri kita sendiri.

Saat kita memutuskan untuk menutup diri dari orang lain, tanpa sadar kita telah membangun sebuah benteng yang membatasi hubungan kita dengan Tuhan dan sesama. Mencari setidaknya satu orang yang bisa dipercaya dalam setiap masalah yang kita hadapi.

Kita memerlukan orang-orang di kehidupan kita yang tahu siapa kita dan mengasihi kita, sehingga mereka bisa mendampingi kita untuk tetap berada dalam jalannya Tuhan.

Berikut ini adalah alasan kenapa penting buat kita untuk memiliki seorang kakak rohani.

1.  Menjadi pembimbing saat mengakui dosa

Tuhan mau kita mengakui setiap dosa kita. Ini dituliskan dalam 1 Yohanes 1:9, "Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan."

Tuhan adalah pribadi yang bersedia mengampuni setiap dosa yang telah kita perbuat. Namun, pada Yakobus 5:16 kita diajak untuk saling mengaku dosa pada sesama orang percaya, "Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya."

Pesannya disini adalah agar kita saling mengaku dosa di hadapan orang lain, kakak rohani merupakan orang yang tepat hal ini. Mencari pribadi yang bisa kita percaya memang tidak mudah, bahkan saat telah menemukannya tidak jarang kita masih menahan ego diri kita.

Meski demikian, Tuhan minta kita agar terus berlatih untuk hal ini. Kakak rohani bisa dipakai oleh Tuhan sebagai wakil dimana kita untuk menjadi pribadi yang lebih mempercayai Tuhan, orang lain dan diri kita sendiri.

2. Menyadarkan kalau kita tidak pernah sendirian

Hidup di tengah-tengah canggihnya teknologi membuat definisi teman sedikit sulit untuk ditemukan dalam priabdi seseorang. Hanya karena orang tersebut berteman dengan kita di sebuah media sosial tertentu, hal ini tidak berarti kalau kita telah menjalin hubungan pertemanan bersama mereka.

Kehadiran komunitas ditengah-tengah kehidupan kita menyadarkan kalau kita tidak pernah sendirian, dan setiap perjuangan yang kita tempuh itu memang tidak mudah untuk dilakukan. Kakak rohani bisa menjadi pribadi yang mau berjalan di samping kita, juga menjadi orang yang mau sama-sama di ajak untuk mendalami hubungan bersama Tuhan.

Saat beban kehidupan terasa semakin berat, kakak rohani bisa kita jadikan orang untuk berbagi sebab mereka tidak akan melayangkan penghakiman atau menganggap sepele permasalahan yang kita hadapi.

Baca juga: Empati, Satu Bentuk Kasih Yang Perlu Kita Miliki Dengan 3 Cara Ini

3. Membantu pertajam iman rohani kita

Setiap kita pasti pernah merasa malas. Apalagi kalau tidak ada orang yang mau mengingatkan kita pada panggilan yang telah Tuhan tetapkan kepada kita. Amsal 27:17, "Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya."

Saat kita memiliki seorang kakak rohani, ia akan menjadi pribadi yang melihat kelemahan kita, sehingga mereka bisa memberikan nasihat tentang apa hal yang harus kita perbaiki dalam kehidupan kita ini, begitu pula sebaliknya. Setiap permasalahan yang diceritakan kepadanya mempertajam kita tentang iman percaya kita. Saat kita menjadi pribadi yang tajam, kita menjadi sesuatu yang jauh lebih berguna.

4. Memberikan dorongan kepada kita

Kita perlu orang yang akan menjadi saksi dalam perjalanan iman kita. Kita juga perlu mereka untuk berbagi tentang pengalaman kita bersama Tuhan, sekaligus mereka yang sedia untuk mendorong kita saat terjatuh.

Kakak rohani adalah pribadi yang mau mendoakan saat kita mengalami suatu masalah tertentu, dan tentu saja, melalu hal ini ia mendorong untuk tetap kuat dan terus mengandalkan Tuhan dalam kehidupan kita.

Kita tidak pernah tahu bagaimana cara tuhan memberikan pertolongan. Kita perlu memerlukan bantuan dari orang lain untuk melihat, menghadapi dan mengatasi dosa dalam kehidupan kita Seringkali saat merasa tersesat dan tidak tahu harus pergi kemana, memiliki seorang kakak rohani yang mau mendengarkan, atau sekedar mendoakan dapat memberi kekuatan bagi kita, sebab kehidupan orang percaya tidak pernah dimaksudkan untuk hidup dalam kesendirian. 

Sumber : jawaban/thoughtco

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

0 Answer

Kefas Yonas 16 August 2018 - 02:13:34

shalom , apakah tanya tentang wetong kepada orang .. more..

0 Answer

Christian 14 August 2018 - 10:38:46

prolegomena

0 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week 2


7189

Gempa Lombok