Tanda-tanda Dehidrasi Meskipun Sudah Minum Air 8 Gelas Per-Hari. Hati-hati!

Health / 25 July 2018

Kalangan Sendiri

Tanda-tanda Dehidrasi Meskipun Sudah Minum Air 8 Gelas Per-Hari. Hati-hati!

Naomii Simbolon Official Writer
1764

 

Kamu semua pastilah sudah tahu bahwa minum air yang cukup sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Kurangnya minum bisa bikin kita dehidrasi dan hal ini langsung terasa banget oleh badan kita sehingga dengan cepat, kita ingin meraih gelas dan minum air sepuas mungkin. Benar nggak?

Sementara aturan umum bahwa minum air adalah 8 gelas per-hari, kamu harus tahu bahwa tingkat asupan air yang ideal sebenarnya bervariasi tergantung tubuh setiap orang.

Nah, dibawah ini 5 perubahan yang bisa kamu lihat yang menandakan bahwa kamu sedang dehidrasi meskipun sudah minum air 8 gelas per hari :

1. Warna urin kamu berubah

Warna urin adalah indikator yang terbaik untuk memberitahu apakah seseorang sudah cukup minum air setiap hari atau nggak.

Pernah menemui warna urinmu berbeda dari biasanya?

Warna kuning yang sangat pucat adalah berita yang bagus, itu berarti tubuh kamu menerima asupan air yang cukup.

Kuning biasa atau kuning gelap adalah tanda bahwa tubuh kamu dehidrasi, dan kalau urin kamu justru berwarna transparan dan nggak memiliki warna sama sekali, itu mungkin kamu terlalu banyak minum air sehingga cobalah untuk mengurangi asupan air kamu.

2. Tubuh gampang lapar

"Kadang-kadang tubuh kita salah mengerti dan menjadikan haus sebagai tanda lapar, " kata Dr. John Higgins, seorang profesor di University of Texas dikutip dari Medical Daily.

"Ketika kamu mengalami dehidrasi, akan sulit bagi hati kamu yang menggunakan air untuk melepaskan simpanan glukosa atau komponen lain dari toko energi kamu, itu sebabnya kamu bisa dengan mudah mengidam makanan."

Biasanya, keinginan untuk makan permen adalah tanda bahwa tubuh kamu sedang kesulitan memecahkan glikogen. Minumlah air yang cukup dan komsumsi buah-buahan sepanjang hari karena itu akan meringankan dan mengatur nafsu makan kamu.

3. Kekuatan otak kamu menurun

Dikutip dari Medical Daily, dehidrasi ringan bisa merusak kinerja mental dan otak kita, sehingga berpotensi mempengaruhi produktivitas harian kita.

" Bahkan tingkat dehidrasi yang ringan bisa menganggu fungsi otak," kata Profesor David Benton dari Universitas Swansea, Inggris.

Nggak cuma untuk diri sendiri, kita juga perlu menyoroti kebiasaan minum air yang cukup kepada anak-anak karena itu mempengaruhi kemampuan belajar mereka di kelas.

4. Usus kamu mudah sembelit

Jika kamu mengalami sembelit, kemungkinan asupan H2O kamu terlalu rendah. Selain memastikan bahwa kamu sudah mengkomsumsi cukup banyak makanan yang berserat, cara paling efektif untuk memperbaiki gerakan usus kamu adalah meminum air yang cukup.

BACA JUGA : Dapatkan Semangat Baru Di Pagi Hari Dengan Melakukan 3 Hal Ini Sebelum Tidur

"Orang-orang yang minum cukup air biasanya buang air secara teratur. Pergerakan usus yang keras atau konstipasi bisa menjadi pertanda bahwa kamu nggak mendapatkan air yang cukup," kata Dr. Ronald Navarro, seorang ahli bedah ortopedi dan ahli bedah olahraga di Kaiser Permanente South Bay Medical Center.

Dengan mengetahui 4 hal di atas, semoga kamu bisa melawan kemalasan untuk minum ya.

Disarankan, jika kamu kerja di kantoran dan malas bolak-balik, belilah botol minuman yang besar sehingga kamu bisa meminum air yang cukup tanpa bolak-balik ke pantry. Yuk, jaga kesehatan agar bergairah terus menjalani hari-hari untuk Tuhan.

Sumber : medicaldaily/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami