Bukan Bandung Atau Jogja, Surabaya Tempati Posisi Teratas Bidang Pariwisata, Ini Alasannya
Sumber: https://cdn.timesmedia.co.id/images/2018

Entertainment / 24 July 2018

Kalangan Sendiri

Bukan Bandung Atau Jogja, Surabaya Tempati Posisi Teratas Bidang Pariwisata, Ini Alasannya

Inta Official Writer
3123

Berdasarkan komitmen, performansi, inovasi, kreasi dan kepemimpinan dalam membangun pariwisata daerah, Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards menobatkan Kota Surabaya, Jawa Timur jadi kota terbaik di bidang pariwisata.

Dikutip dari Kompas.com, ada empat indikator penilaian yang digunakan dalam penghargaan ini. Indikator tersebut adalah,  inerja usaha pariwisata (akomodasi dan makan minum): PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) dan tenaga kerja, serta dampak/outcome (Data Statistik BPS, Indeks Pariwisata Indonesia, Indonesia’s Attractiveness Award, dan penghargaan berskala internasional dan Nasional.

"Jadi penilaiannya sudah terlihat itu, kalau dari size dan pertumbuhan Surabaya tertinggi. Performasinya 40 persen," terang Menetri Pariwisata, Arief Yahya setelah memberikan penghargaan di Kementerian Pariwisata Jumat, 20 Juli 2018.

Sembilan kota lain yang masuk dalma daftar 10 teratas versi Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 adalah Denpasar, Bandung, Semarang, Batam, Yogyakarta, Padang, Makassar, Balikpapan dan Palembang.

Dilaporkan juga oleh Kompas.com bahwa Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards memberikan penghargaan terhadap kota-kota dan kabupaten-kabupaten dengan komitmen, performa, inovasi, kreasi, dan dukungan pemerintah yang luar biasa dalam membangun pariwisata lokal, yang diberikan kepada pemerintah setempat untuk kontribusinya.

Untuk mengenal Surabaya lebih jauh, ini dia 3 tempat wajib yang perlu kita kunjungi saat berada di Surabaya.

1. Monumen Tugu Pahlawan

Hadir sebagai icon tempat wisata di Surabaya, tujuan wisata ini berada di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Surabaya, dekat dengan kantor Gubernur Jawa Timur . Saat berkunjung ke sini, kita akan dibawa pada masa perjuangan bangsa Indonesia 10 November 1945 silam. Setiap tanggal 10 November, Tugu Pahlawan akan jadi pusat perhatian sebagai bentuk mengenang peristiwa dimana ada banyak pahlawan yang gugur dalam perang kemerdekaan.

2. Taman Bungkul

Ditengah-tengah Kota Surabaya yang padat, di taman ini kita akan melihat banyaknya pohon yang memayungi taman dari sinar matahari. Ada juga tanaman bunga yang dibudidayakan di atas tanah seluas 900 meter persegi ini.

Keberagaman bunga yang tumbuh ini juga membuat Taman Bungkul berhasil menyabet penghargaan The 2013 Asian Townscape Award sebagai Best Asian Park in East Java pada tahun 2013 oleh PBB. Dengan memiliki gabungan konsep semua sisi masyarakat Surabaya dari segi pendidikan, hiburan, olahraga, budaya dan keagamaan, ada banyak orang yang memilih berkunjung ke Taman Bungkul untuk sekedar bersantai atau nongkrong.

Baca juga: Kalahkan Maldives, Indonesia Sabet 3 Peringkat Teratas Pulau Terbaik Di Dunia, Intip Yuk!

3. Ekowisata Mangrove Wonorejo

Hutan Mangrove Wonorejo menawarkan kita sebuah pemandangan yang menyejukkan mata. Mulai dari pengalaman naik perahu yang kemudian menyuguhkan pemandangan hutan bakau yang masih dihuni kera dan bangau putih, sampai menikmati jalan-jalan di sebuah jembatan kayu untuk melihat hutan yang cukup lebat. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat wisata, ekowisata ini juga ditujukan agar masyarakat menyadari pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem alam.

Pernahkah kamu berkunjung ke Surabaya? Mana nih tujuan wisata kesukaanmu? 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami