Teruntuk Yang Single Dan Tinggal Sendiri, Lakukan 5 Hal Ini Biar Hidupmu Lebih Produktif
Sumber: christianconnection.com

Single / 23 July 2018

Kalangan Sendiri

Teruntuk Yang Single Dan Tinggal Sendiri, Lakukan 5 Hal Ini Biar Hidupmu Lebih Produktif

Naomii Simbolon Official Writer
1981

"Hari ini adalah besok."

Mungkin kita sudah sering banget mendengar kata-kata ini.

Yap, jika kita ingin memiliki hari yang produktif dan energik, kita perlu mempersiapkannya kemarin. Jika kita belajar dari kemarin, tentu hari ini kita bisa merencanakan hari untuk besok.

Cara terbaik untuk memulai hari bukanlah hal pertama yang kamu lakukan di pagi hari, melainkan hal terakhir yang kamu lakukan malam sebelumnya.

Nah, berikut ada beberapa daftar penting  yang bisa kamu lakukan untuk rutinitas tidur kamu untuk memulai hari yang produktif, apalagi buat kamu yang masih single, anak kos yang jauh dari gangguan urusan rumah tangga dan anak-anak.

1. Buatlah rutinitas tidur kamu

Kalau masih single, mungkin kita masih bebas untuk membuat rutinitas tidur yang teratur untuk diri sendiri.

So, yuk ciptakan rutinitas tidur kamu. Dengan menciptakan rutinitas tidur, kamu secara sadar membuat set perilaku yang akan kamu lakukan sebelum kamu tidur.

Misalnya, labtop tak boleh ada di atas kasur di jam 09:00, pakai TV hanya 30 menit, atau bersihin kasur jam 5 sore setelah pulang kantor.

2. Dengarkan atau mainkan musik

Rata-rata semua orang pasti menyukai musik. Mulai dari orangtua, anak kecil bahkan single seperti kamu.

Musik sangat bagus dan memiliki berbagai efek pada tubuh kita.

Karena tubuh kita mengandung 70% air, maka getaran musikpun mempengaruhi kita secara fisiologis.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Masaru Emoto ditemukan bahwa efek yang dimiliki musik pada struktur molekul air beku.

Dengan memainkan musik tertentu (menenangkan), kita akan merasa lebih rileks dan siap untuk tidur.

Kamu perlu menemukan ritme kamu sendiri, jadi cobalah  banyak lagu dan kategori yang berbeda dan lihatlah mana yang cocok buat kamu. Pastikan lagu yang kamu dengar memiliki lirik yang membangun ya!

3. Baca buku

Zaman now, rata-rata single adalah millenials.

Millenials yang lebih mencintai HP dibanding buku.

Memang sih, sulit untuk memulai hal ini. Sehingga mengapa, mulailah membaca dengan buku yang lebih ringan sebelum tidur karena itu akan menempatkan pikiran kamu dalam irama yang bagus dan akan mendorong kamu tidur dengan nyenyak.

Pastikan membaca buku yang menginspirasi ya, jangan baca buku horor apalagi yang sulit dimengerti otak.

4. Kenakan piyama kamu

Ketika kamu naik ke kasur dengan pakaian tidur, itu akan memberi sinyak ke otak dan tubuh kamu bahwa kamu siap untuk menutup mata dan tidur.

Taruhlah selalu satu set piyama di samping tempat tidur kamu, jangan pergi tidur pakai baju rumah apalagi baju tidur.

Itu nggak nyaman!

5. Rencanakan 3 tugas yang paling penting untuk kamu kerjakan besok

Ketika kamu merencanakan 3 tugas terpenting untuk besok, maka otomatis besok kamu sedang menghilangkan keputusan yang nggak penting di hari esok.

Saat kamu mengambil keputusan hari ini untuk ngerjain apa besok, maka yang tersisa hanya melakukan aktivitas itu keesokannya.

Hal ini didukung oleh sebuah penelitian tentang mengurangi ego dimana ketika kita membuat keputusan di hari yang sama , maka kita sedang menghabiskan tekad kita dan bikin kita kurang produktif melakukan kegiatan.

Tetapi, jika kita menyiapkannya terlebih dahulu, misalnya mencatatnya dan akan melakukannya, maka keesokannya kamu tinggal melakukannya dengan baik karena kamu sudah tahu apa yang akan kamu lakukan.

Selain 5 hal itu, kamu juga bisa melakukan hal-hal lain seperti menyediakan pakaian untuk hari besok ke kantor, misalnya. Atau sebelum tidur, evaluasi hari ini dan apapun yang nggak maksimal, jangan lakukan di hari esok. Pastikan membereskan semua hal apapun yang belum selesai di hari ini, misalnya salah paham atau amarah di kantor, dan lain sebagainya.

Bereskan dengan cara merenung sebelum tidur, minta ampun dan mengampuni.

Persis, setiap orang pasti melewati kejadian yang berbeda setiap hari. Sehingga mengapa kita perlu membereskannya dengan Tuhan dan evaluasi.

Sumber : lifehack/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami