Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
384


Pekerjaan kita sering mengharuskan kita untuk betah berlama-lama di depan layar komputer. Setelah kita selesai bekerja pun, kita memilih untuk menghabiskan waktu di depan handphone. Kebiasaan ini bisa menyebabkan dampak buruk bagi mata. Menurut Ashley Brissete, MD Msc, sebagai seorang ahli perawatan mata di Amerika, penting bagi kita untuk tetap waspada terhadap kebiasaan ini.

Cara layar komputer mempengaruhi kesehatan mata

Baik komputer, handphone atau benda elektronik berdampak pada mata melalui beberapa cara. Saat terus menerus menatap ke layar kaca, kita jadi lebih sedikit mengedipkan mata. Bahkan, kebiasaan ini memungkinkan kita hanya berkedip sebanyak setengah dari orang normal seharusnya, yaitu 15x per menit.

Tanda-tanda mata menjadi kering adalah pandangan yang mulai kabur, mata terasa panas, iritasi, mata jadi lelah, bahkan mata berair. Kalau dibiarkan, hal-hal di atas akan membuat mata mengalami ketegangan, sakit kepala, bahkan membuat kita mengalami stres.

Computer Vision Syndrome

Menghadap ke layar kaca dalam waktu yang cukup lama dapat menyebabkan kita mengalami 'Sindrom Penglihatan Komputer'. Sindrom ini menggambarkan kondisi mata yang sakit, kering, berkaca-kaca, lelah, penglihatan kabur, penglihatan ganda, sensitif pada cahaya, sulit fokus pada gambar, sakit leher, maupun sakit kepala.

Gejala-gejala dalam sindrom ini banyak dialami oleh orang-orang muda. Kondisi ini memang tidak membahayakan, hanya saja kalau dibiarkan terus menerus, bisa-bisa kita mengalami rabun jauh atau mata mengalami kekeringan dalam jangka panjang.

Baca juga: Cara Sehat Mudah, Cukup angkat Kedua Kaki Ke Tembok Kita Bisa Rasakan 4 Manfaat Ini Lho

Lantas, bagaimana cara kita mengurangi risikonya?

Ketika pekerjaan mengharuskan kita untuk menatap layar dalam waktu yang cukup lama, gunakan aturan 20-20-20. Setiap 20 menit, arahkan pandangan kita pada sebuah obyek yang berjarak sekitar 20 cm selama 20 detik. Selain itu, mengambil beberapa menit untuk mengistirahatkan mata, seperti berkedip, memejamkan mata beberapa detik juga baik untuk dilakukan.

Kita juga bisa menggunakan filter layar matte pada layar komputer untuk mengurangi efek silau dari komputer yang bisa memudahkan mata mengalami kelelahan. Lakukan juga latihan berkedip selama beberapa detik untuk mengatasi mata perih dan lelah.

Baik layar komputer maupun handphone, keduanya sering sering membuat kita jarang berkedip yang membuat mata menjadi kering. Baik komputer, handphone maupun tablet, lamanya mata kita menghadap layarlah yang mempengaruhi risiko kesehatan mata.

Berapa lama kita akan merasakan dampaknya?

Dampak dari kebiasaan ini sangat berbeda pada setiap orang. Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh, misalnya suhu pada ruangan atau terangnya cahaya juga dapat menjadi salah satu faktor risiko kesehatan mata.

Kalau mata kita sering mengalami perih, merah, dan sesitif terhadap cahaya, ada baiknya kita langsung menghubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Kehidupan yang serba digital membuat kita tidak bisa menghindari layar-layar pada benda elektronik. Namun, dengan mengenali dampak dan risikonya, mulai sekarang kita bisa jadi lebih peduli terhadap kesehatan mata kita.

Sumber : theeverygirl

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

0 Answer

Kefas Yonas 16 August 2018 - 02:13:34

shalom , apakah tanya tentang wetong kepada orang .. more..

0 Answer

Christian 14 August 2018 - 10:38:46

prolegomena

0 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week 2


7189

Gempa Lombok