Jangan Buru-buru Percaya Kalau Kamu Menderita Rematik Sebelum Tahu 8 Ciri-ciri Ini
Sumber: HealthiNation

Health / 20 July 2018

Kalangan Sendiri

Jangan Buru-buru Percaya Kalau Kamu Menderita Rematik Sebelum Tahu 8 Ciri-ciri Ini

Lori Official Writer
6832

Penyakit rematik (Rheumatoid Arthritis) adalah gangguan inflamasi kronis yang bisa mempengaruhi lebih dari sekadar sendi. Pada beberapa kasus, rematik juga bisa merusak berbaagi sistem tubuh, termasuk kulit, mata, paru-paru, jantung dan juga pembuluh darah.

Seseorang yang mengalami rematik juga kadang tak menyadari dirinya menderita rematik karena gejalanya memang sulit didiagnosa. Tapi ada saja sebagian yang mudah percaya kalau mereka menderita rematik karena satu gejala umum yang bisa saja disebabkan oleh kondisi tertentu.

Daripada menerka-nerka atau sekadar percaya saja apa kata orang, mendingan pastiin saja apakah kamu benar-benar menderita rematik atau tidak dengan mengetahui 8 ciri-ciri di bawah ini:

1. Luka cedera yang gak kunjung sembuh

Kamu mungkin berpikir kalau bekas kakimu yang terkilir rasanya belum sembuh-sembuh juga. Atau bagian kakimu yang pernah cedera tapi masih terasa sakit. Kebanyakan kondisi ini bisa jadi gejala penyakit rematik.

2. Mati rasa atau kesemutan di bagian tangan

Salah satu gejala yang paling mudah diidentifikasi dengan rematik adalah terjadinya sindrom carpal tunnel atau kondisi kesemutan di bagian pergelangan tangan. Biasanya sensasi kesemutan ini mirip dengan perasaan saat kamu memukul-mukul bagian lututmu atau mati rasa.

3. Nyeri atau radang pada kaki

Salah satu area yang sering dikeluhkan oleh penderita rematik adalah rasa nyeri arau peradangan di bagian kaki. Bagi kaum perempuan, saat rasa sakit ini muncul mereka akan memilih untuk melepas sepatu hak tinggi mereka karena rasa sakit yang tak tertahankan. Biasanya rasa sakitnya muncul di bagian tumit kaki. Hal ini terjadi karena adanya pembengkakan di bagian telapak kaki dan tumit.

4. Gangguan penglihatan pada mata

Penderita rematik ditandai juga dengan terjadinya sindrom Sjogrens atau gangguan autoimun yang bisa menyebabkan bola mata kering. Gak cuma bagian itu, tapi mulut, hidung, tenggorokan dan kulit juga akan mengalami peradangan karena kelenjar berhenti melepas kelembabannya.

5. Bagian sendi terasa pegal

Salah satu gejala yang paling dominan dari rematik adalah nyeri pada persendian. Orang yang sering berpikir kalau rasa sakit ini disebabkan oleh kelelahan atau osteoarthritis yaitu jenis radang sendi yang biasanya dialami saat beranjak tua.  Biasanya gejala ini bisa berlangsung selama seminggu dan mempengaruhi beberapa bagian tubuh seperti kedua tangan, kaki, lutut atau pergelangan kaki.

Baca Juga :

Jangan Sepelekan Rematik

Berolahraga Dapat Redam Rematik

6. Tubuh terasa pegal saat bangun pagi

Gejala lain dari rematik adalah adanya rasa kaku di persendian setiap kali bangun tidur di pagi hari. Gejala ini terbilang cukup umum bagi penderita osteoarthritis yang cenderung terjadi sekitar setengah jam. Sementara gejala rematik berlangsung dalam waktu yang lebih lama.

7. Sendi Membengkak

Penderita rematik kadang-kadang bisa mengalami sendi membengkak, terutama di bagian lutut dan siku. Hal ini terjadi karena pembengkakan tendon di sekitar sendi. Kondisi ini bisa menyebabkan munculnya benjolan atau kista di bagian belakang lutut dan menghambat gerak.

8. Nodul

Nodul adalah benjolan yang tumbuh di bawah kulit dekat sendi. Nodul sering muncul di belakang siku dan kadang-kadang di sekitar mata.

Kalau kamu mengalami beberapa atau salah satu dari gejala ini, segeralah memeriksakan diri ke dokter guna mendapatkan pengobatan.

Buat kamu yang pengen sembuh, cobalah menjalankan beberapa langkah pengobatan rematik berikut:

  • Minum obat sesuai anjuran
  • Kurangi berat badan kalau berat badanmu terasa berlebih
  • Jauhkan diri dari stres
  • Olahraga teratur setiap hari
  • Terapkan gaya hidup yang sehat; hindari mengkonsumsi alkohol

Setelah menjalankan langkah-langkah ini, semoga hidupmu jauh dari rematik.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami