Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
512


8 jam lamanya kita habiskan waktu di kantor. Mulai dari mengatur jadwal, mengerjakan setiap deadline, sampai meeting bersama rekan kantor dalam mengerjakan proyek tertentu. Saat tubuh lelah, seringkali kita jadi jauh lebih mudah dalam terbawa emosi.

Ditambah lagi saat kita punya masalah yang cukup sulit untuk diselesaikan, nggak jarang stres dari kantor terbawa sampai ke rumah. Stres kerja merupakan salah satu masalah yang menyebabkan banyak pasangan kurang bahagia. Menurut sebuah survey dari website eharmony, sekitar 35% pasangan melaporkan stres kerja sebagai masalah rumah tangga mereka.

American Psychological Association melakukan sebuah survey dan menemukan kalau 65% orang menyebutkan pekerjaan sebagai sumber stres, dan hanya 37% orang yang bisa menanganinya dengan baik.

Kenapa stres kerja bisa mempengaruhi hubungan kita?

Pikiran stres karena pekerjaan bisa menimbulkan banyak dampak negatif. Stres kerja yang dibawa pulang merupakan aktivasi yang tidak diolah dalam sistem saraf. Orang yang stres cenderung mencari cara untuk melepaskan energi tersebut dan pasangan mereka bisa menjadi targetnya. Bahkan, kalau tidak ditangani dengan baik orang tersebut bisa sampai melakukan tindakan fisik pada pasangannya.

Saat seseorang menderita stres karena pekerjaan, mereka berharap kalau ada orang yang mau mendengarkan keluh kesahnya. Namun saat lawan bicara tidak menanggapinya dengan benar sesuai keinginannya, maka ia akan langsung melampiaskan segala amarahnya pada orang tersebut.

Kapan waktu yang tepat untuk melampiaskannya?

Terbuka dan bertanya pada pasangan soal masalah pekerjaan bisa menimbulkan ikatan yang kuat antara kita dan pasangan. Permasalahan ini juga harus bisa dengan bijak kita pilah. Misalnya saat menerima kenaikan jabatan atau ketika memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan.

Mengeluh terus menerus tentang seseorang yang menyebalkan di kantor, dilain sisi justru akan menimbulkan hubungan yang kurang efektif.  Ada baiknya kita tidak menceritakan kembali pertemuan atau acara secara terperinci yang menyebalkan pada hari itu juga.

Boleh kok kita mengatakan 'Aku lelah', atau 'Aku kesal dengan si A'. Pernyataan semacam tadi memungkinkan kita melampiaskan keluhan dengan singkat tanpa harus membebani pasangan dengan masalah-masalah yang terperinci.

Baca juga: Jangan Biarkan Pasanganmu Sendirian! Yuk Jadi Satu Tim Yang Kompak Lewat 3 Cara Ini

Hal yang perlu kita lakukan saat pasangan melampiaskan masalah kantornya

Menerima keluhan seputar pekerjaan dari pasangan juga bukanlah perkara yang mudah. Saat pasangan kerap melampiaskan amarahnya pada kita, cobalah untuk mengajaknya bicara pada posisi yang nyaman dan cukup santai. Misalnya saat kita sedang menonton acara TV atau saat berjalan-jalan.

Pasangan kita butuh tempat untuk cerita. Untuk itu kita harus bisa menjadi pendengar yang baik selama beberapa menit ke depan. Namun kalau masalah yang dihadapi itu-itu saja, ada baiknya kita mulai memberikan masukan tanpa terkesan menyalahkannya.

Penting juga untuk diingat kalau saat kita butuh orang sebagai tempat curhat, sebaiknya kita mengungkapkannya pada pasangan. Contohnya dengan mengatakan 'Aku butuh solusi, nih' atau 'Aku butuh orang yang mau mendengarkan, apa kamu punya waktu?' Keinginan yang jelas dari kita dapat membuat pasangan merasa jauh lebih dihargai dan didengarkan.

 

Sumber : health

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

0 Answer

Kefas Yonas 16 August 2018 - 02:13:34

shalom , apakah tanya tentang wetong kepada orang .. more..

0 Answer

Christian 14 August 2018 - 10:38:46

prolegomena

0 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week  3


7190

Gempa Lombok