Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
856


Manusia bereproduksi melalui proses pembuahan yang antara pria dan wanita setelah fusi sel sperma dan sel telur bertemu. Ini adalah proses alami yang dikaruniakan Tuhan untuk mewujudkan mandatnya supaya setiap orang beranak cucu memenuhi bumi.

Tapi mandat ini bisa saja tak bisa diwujudkan oleh sepasang suami istri karena mereka rupanya didiagnosa mandul ata mengalami infertilitas. Baik pria dan wanita pun bisa mengalami kemandulan itu dan berakibat pada ketidakmampuan untuk menghasilkan pembuahan yang alami.

Pertanyaannya adalah ‘kenapa sih pria dan wanita bisa mengalami kemandulan?’

Karena penyebab antara pria dan wanita cenderung berbeda, jadi mari membahasnya satu per satu ya.

Kemandulan Pada Pria

Saat sel sperma tak bisa membuahi sel telur, maka hal itu disebut dengan infertilitas. Kesuburan pria tergantung pada kuantitas dan kualitas air mani yang dihasilkannya setelah ejakulasi. Pria yang ternyata mengalami kondisi tidak subur mungkin disebabkan oleh dua hal yaitu jumlah sperma yang sedikit atau kualitas sperma yang tak mampu menembus sel telur.

Saat kedua kondisi ini terjadi, maka seorang pria sedang dalam kondisi tidak subur.

Penyebab lain seorang pria bisa mandul adalah:

  • Produksi hormon tertosteron yang sedikit menyebabkan jumlah sperma sedikit
  • Kondisi medis seperti beberapa jenis operasi, kanker atau infeksi testis bisa menyebabkan produksi sperma rendah atau abnormal.
  • Kebiasaan berolahraga di suhu yang terlalu panas, memakai pakaian ketat, terlalu lama berendam di sauna atau air panas, atau juga karena kondisi varises di skrotum.
  • Dalam beberapa kasus, jumlah sperma yang rendah bisa disebabkan oleh kondisi genetik
  • Kebiasaan minum minuman beralkohol dan obat-obatan bisa menyebabkan penurunan kualitas sperma
  • Hal lain yang bisa menyebabkan penurunan sel sperma adalah ‘centriole atipikal’ yaitu sebuah kelainan yang ditemui pada pembentukan sperma.

Baca Juga :

Bertahan Di Tengah Kemandulan

Ketika Pasangan Tercinta Divonis Mandul

Kemandulan Pada Wanita

Salah satu faktor kemandulan pada wanita adalah usia. Kemampuan untuk hamil mulai menurun pada wanita seiring pertambahan usia.Terlepas dari faktor ini, kemandulan wanita juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada tuba fallopi, masalah ovulasi atau kerusakan uterus. Setiap kondisi ini bisa menghalangi terjadinya pembuahan oleh sperma.

Penyebab lain dari kemandulan pada wanita adalah:

  • Ketidakseimbangan hormon karena kelenjar tiroid yang tidak seimbang dan terlalu banyak stres bisa menyebabkan ovulasi tidak sehat.
  • Siklus menstruasi yang tidak teratur dan tidak tepat waktu menyebabkan ovulasi abnormal
  • Penambahan berat badan yang berlebihan ataupun penurunan berat badan bisa membuat kondisi ovulasi tidak normal.
  • Adanya jejak tumor atau kista di rahim atau indung telur yang bisa merusak kantung rahim.
  • Kebiasaan mengkonsumsi alkohol, nikotin dan obat-obatan yang menyebabkan ketidaksuburan pada wanita.

Perawatan dan Pengobatan Kemandulan

Ada berbagai tes yang bisa mengidentifikasi kemandulan pada pria dan wanita. Misalnya, tes urin dan juga tes darah. Dalam banyak kasus, pengobatan untuk kasus kemandulan bisa dilakukan dan banyak pasangan yang berhasil memperoleh keturunan setelah menjalai perawatan ini.

Sementara pengobatan untuk pria dan wanita berbeda. Untuk pria, misalnya, dengan kasus jumlah sperma yang rendah bisa ditangani dengan menyuntikkan secara artifisial di dalam rahim perempuan. Fertilisasi in vitro adalah metode lain dimana sperma dan sel telur secara artifisial dibuahi di laboratorium dan kemudian ditempatkan di rahim perempuan. Obat dan sutikan hormon juga digunakan untuk memulihkan kondisi sperma yang rendah atau infeksi yang terjadi.

Sementara dalam kasus kemandulan pada wanita, pengobatan tersebut biasanya dilakukan dengan memberikan antibiotik untuk menghilangkan infeksi. Sementara dalam kondisi ketidakseimbangan hormon, bisa diberikan suntikan hormon atau pemberian suplemen yang berfungsi untuk meningkatkan kesuburan dan rangsangan ovulasi.

Bagi pasangan yang sudah menikah selama bertahun-tahun dan belum memperoleh keturunan, kalian sangat dianjurkan untuk lebih dulu melakukan pemeriksaan medis. Dan kalau hasilnya ternyata salah satu pihak memang dinyatakan mengalami kondisi tertentu, cobalah untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat. Tapi kalau ternyata hasilnya menyatakan kalau kalian berdua dalam kondisi baik-baik saja, kita tetap beriman kalau Tuhan juga ambil andil dalam urusan ini. Mari tetap percaya kalau kalian punya kerinduan untuk memiliki keturunan, pasti suatu saat nanti kalian akan mendapatkannya. Tapi tetaplah mengatur gaya hidup yang sehat dan tetap berdoa.

Sumber : Boldsky.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

0 Answer

Kefas Yonas 16 August 2018 - 02:13:34

shalom , apakah tanya tentang wetong kepada orang .. more..

0 Answer

Christian 14 August 2018 - 10:38:46

prolegomena

0 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week 2


7189

Gempa Lombok