Teruntuk Kamu Yang Sudah Merasakan Pahit Manisnya Hidup. Begini Caranya Lepaskan Kecemasan

Single / 13 July 2018

Kalangan Sendiri

Teruntuk Kamu Yang Sudah Merasakan Pahit Manisnya Hidup. Begini Caranya Lepaskan Kecemasan

Naomii Simbolon Official Writer
3132

Beberapa hari yang lalu, saya sedang mendengar cerita dari sepupu pria saya:

"Saya sudah merasakan pahit dan manisnya kehidupan ini, tapi saat ini saya merasa cemas akan kehidupan saya," katanya

Saya rasa, semua orang pasti pernah merasa cemas dan merasa terjebak dalam kebiasaan. Jika kamu merasakan depresi semacam ini, saya mau meyakinkan bahwa kamu bukanlah pria satu-satunya yang demikian.

Mungkin saat ini kamu tengah menganggap diri kamu sebagai orang yang hilang, ditakdirkan untuk menjalani hari-hari dengan perasaan yang sedih dan merasa nggak puas.

Saatnya putuskan untuk berubah. Dedikasikan dirimu untuk terus belajar gimana menciptakan hidup dengan penuh sukacita.

Di bawah ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Lepaskan dirimu dari depresi dan berubahlah!

1. Putuskan untuk keluar dari zona nyamanmu sekarang

Dikutip dari Lifehack, seseorang pernah berkata bahwa "Langkah pertama untuk mencapai suatu tempat adalah memutuskan untuk tidak selalu berada di tempat yang sama saat ini."

Coba pikirkan, bagaimana kamu bisa menulis satu halaman setiap hari jika kamu masih berjalan dengan jadwal yang lama?

Kamu akan mulai mengalami sebuah pergeseran jika kamu berani memutuskan untuk keluar dari zona dan kebiasaan kamu sekarang ini. Saya nggak berjanji bahwa semua akan baik-baik saja, tetapi minimal kamu bisa memulai hal yang baru dan menemukan sukacita yang baru.

2. Hentikan pencaharian kamu untuk sebuah kebahagiaan

Kadang manusia ini lucu, mereka berusaha mati-matian dan menghabiskan hidup untuk menemukan kebahagiaan, tapi mereka sama sekali tidak tahu apa itu.

Kita mungkin nggak dapat menjelaskan, mendeksripsikan atau mendefinisikannya; kita hanya tahu bahwa kita menginginkan kebahagiaan karena itu akan bikin kita jauh lebih baik. Akan tetapi, berkali-kali penelitian telah menemukan bahwa pencaharian kebahagiaan kita kepada dunia ini akan sangat mengacaukan kita.

Berusaha menemukan kebahagiaan atas dunia adalah usaha yang sia-sia dan cenderung memperburuk keadaan hidup yang kita alami.

Hentikan pencarian kebahagiaan atas dunia ini dan mulailah mengambil tindakan untuk menciptakan kehidupan yang kamu inginkan yang benar dan dikehendaki Bapa.

Akhirnya, kebahagiaan akan menemui kita.

3. Berlatihlah untuk bersyukur

Sebelum kamu tidur di malam hari, pikirkanlah minimal 5 hal yang kamu bisa syukuri hari ini. Lebih baik lagi, tuliskan. Hal-hal kecil bahkan misalnya melihat matahari terbenam yang indah atau membantu orang lain menyebrang dan lain sebagainya.

Dikutip dari LifeHack, seorang profesor dan pakar ilmiah terkemuka di UC Davis yaitu Dr. Robert Emmons, pernah menuliskan

"Syukur adalah hal pertama dan terutama yang mengubah cara pandangan kita."

Nah, itulah 3 hal yang mungkin bisa kamu terapkan dan renungkan dikala kamu mengalami sebuah kecemasan akan hidupmu saat ini. Terpenting, berserahlah kepada Tuhan dan jangan lupa untuk mencari wajahNya dan bicara setiap hari denganNya. Temukan sukacita dari Allah, sebab sukacita yang abadi hanya ditemukan di dalam Dia. Tetap semangat ya bro!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami