5 Cara Praktis Bikin Pemikiran Kita Lebih Kreatif Dan Menjadi Dampak. Contoh Yuk!
Sumber: Google Image

Finance / 13 July 2018

Kalangan Sendiri

5 Cara Praktis Bikin Pemikiran Kita Lebih Kreatif Dan Menjadi Dampak. Contoh Yuk!

Naomii Simbolon Official Writer
3383

Dunia kita berubah sangat cepat dari sebelumnya. Kemajuan teknologi sangat cepat dan untuk mengimbanginya, kita harus terus beradaptasi dengan terknologi yang baru dan juga industri yang baru

Pengusaha sekarang ini mencari karyawan sudah tidak lagi soal tamatan apa tetapi mereka lebih banyak mencari karyawan yang bisa memecahkan masalah, berpikir kreatif dan menjadi pemimpin dalam setiap situasi.

Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kita  lakukan untuk mengembangkan pemikiran yang kreatif dan menggunakannya agar mendapatkan kredibilitas sebagai pemimpin di tempat kerja :

1. Tetapkan batasan

Untuk meningkatkan pemikiran kreatif diri sendiri, ada baiknya kita menetapkan batasan untuk diri sendiri. Yang berarti berpikirlah di luar kotak atau daerah kekuasaan kita untuk mendapatkan solusi.

Coba bikin waktu yang tepat untuk meningkatkan pemecahan masalah kreatif kita. Ini akan membangun kreadibilitas kita sebagai orang yang berhasil memecahkan masalah dengan  kreatif dan menemukan solusi inovatif.

2. Ubah keadaan

Jika kamu menemukan dirimu jatuh ke dalam kebiasaan dan melakukan hal yang sama setiap hari, maka kamu kemungkinan akan kesulitan untuk menghasilkan ide-ide baru. Inilah sebabnya mengapa penting untuk belajar mengubah hal-hal yang sama dalam kegiatan rutinitas kita.

Temukan hal kreatif yang mengalir ketika kamu mencoba berolahraga dengan waktu yang berbeda atau cobalah untuk makan siang dengan menu yang berbeda dari sebelum-sebelumnya.

Kamu juga bisa memindahkan posisi meja kerja kamu di rumah, dan lain sebagainya.

Setiap perubahan akan membantu memicu pikiran kita untuk mendapatkan ide-ide baru dan berkembang menjadi jauh lebih baik.

3. Dengarkan dan perdulikan orang lain

Ketika kita menunjukkan bahwa kita perduli dengan orang lain dan mendengarkan ide serta pemikiran mereka, maka mereka akan percaya kepada kita.

"Pemimpin yang mendengarkan mampu menciptakan hubungan yang bisa di percaya yang transparan dan mengembangkan kesetiaan. Kamu tahu bahwa para pemimpin yang memiliki minat terbaik dari karyawannya terjadi karena mereka sungguh-sungguh mendengarkannya.”- Glenn Llopis.

Dengan mendengarkan rekan kerja kamu, maka kemungkinan mereka akan lebih terbuka dengan kamu dan merasa bahwa bisa mengambil sebuah resiko dan bertumbuh menjadi kreatif lagi.

Membicarakan gagasan dengan rekan kerja kita nggak hanya meningkatkan pemikiran kreatif kita sendiri, tetapi juga menciptakan lingkungan  kantor yang lebih kreatif.

4. Temukan mentor atau kritikus yang baik untuk kamu

Jika kamu ingin karya kreatif kamu meningkat, maka kamu perlu mencari orang yang bisa menjadi mentor atau kritikus baik untuk memberi kamu umpan balik yang positif dan membantu kamu untuk terus melangkah maju.

Dengan demikian, seiring waktu pekerjaan kamu akan semakin meningkat dan orang-orang pun akan lebih menghormati kamu.

Setiap jenis pekerjaan yang kreatif membutuhkan beberapa konsep sebelum siap digunakan. Bersama mentor kamu, kamu bisa menemukan cara untuk terus meningkatkan pekerjaan kamu semakin jauh lebih baik.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pengetahuan dari mentor kamu untuk menghidupkan konsep pertama kamu.

5. Coba dan gagallah lebih banyak

Cara terbaik untuk menjadi lebih baik dari berbagai hal adalah terus berusaha dan gagal sampai kita berhasil dan meningkat. Gagal dan mencoba lagi akan meningkatkan pemikiran kreatif kita dan menunjukkan kepada rekan kita bahwa kita nggak akan menyerah dengan mudah dan harus meningkat dan berhasil.

Seorang pemimpin biasanya tidak takut akan kegagalan, namun mereka mengambil dan meresponinya dengan cara berusaha jauh lebih baik dan berhasil!

Nah itu dia 5 cara praktis untuk membangun dan mengembangkan diri lebih kreatif, baik itu dalam kehidupan sehari-hari, terutama di dalam dunia pekerjaan. Semangat dan terus jadi dampak ya!

Sumber : lifehack/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami