Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
543


Sarapan pakai gorengan. Ngemil kentang goreng di malam hari. Makan es krim dan makanan manis lain setiap sejam sekali. Kebanyakan orang Indonesia pasti melakukan kebiasaan yang kurang sehat ini.

Mungkin ada masanya kamu akan menyadari kalau kebiasaan ini berakibat buruk pada kesehatan. Biasanya setelah itu kita akan mulai berkomitmen untuk mencoba membiasakan pola makan sehat. Sehari, dua hari mungkin kamu masih melakukannya. Tapi setelah itu, komitmen yang kurang membuatmu kembali tergoda menerapkan pola makan yang gak sehat.

Kalau sudah begitu harus bagaimana supaya bisa berhasil? Nah, buat kamu yang sedang menghadapi masalah ini gak perlu susah sendiri. Coba aja ikutin tips pola makan sehat dari ahli diet ini. Gak saja mudah, tapi tips ini juga sederhana dan membantumu loh di masa-masa kelaparan.

1. Penuhi kulkasmu dengan stok ikan segar

The American Heart Asssociation merekomendasikan makanan setidaknya dua porsi ikan per minggu. Supaya kamu bisa tetap memenuhi asupan ikan ini, cobalah untuk membeli ikan segar lalu membekukannya di freezer. Seorang ahli gizi diet Vicki Shanta Retelny menyarankan supaya ikan beku yang hendak dimasak dicairkan lebih dulu, mungkin dengan merendamnya dengan air. Tapi ada juga ikan yang memang gak perlu dicairkan, misalnya seperti udang beku yang sudah dikupas kamu bisa langsung segera memasukkan ke dalam campuran pasta.

2. Buat stok bahan masakan selama seminggu

Masak sendiri memang jauh lebih sehat. Dan inilah tips kedua yang sangat direkomendasikan Amy Gorin, seorang ahli gizi dan pemilik Nutrisi Amy Gorin di New York City.

Walaupun sedikit lebih ribet, tapi memasak sendiri bisa jauh lebih sederhana kalau kamu menerapkan cara ini yaitu membuat stok seminggu untuk bahan masakan. Cobalah belanja untuk bekal seminggu, mulai dari membeli sayuran, protein, dan biji-bijian. “Sangat mudah untuk kewalahan dengan persiapan makanan,” kata Gorin. Tapi dia merekomendasikan untuk mempersiapkan bahan-bahan mentah dengan rapih di kulkas. Misalnya, mencacah sayuran hijau dan menyimpannya dalam kondisi bersih dan rapih di dalam container. Atau membuat bumbu masak yang sudah siap pakai untuk memudahkan waktu akan memasak. Selain itu, kamu juga bisa melakukan riset kecil-kecilan soal makanan-makanan sederhana yang sehat dan mudah kamu hidangkan.

Baca Juga :

5 Anjuran Pola Makan Sehat Wanita Berusia 40 Tahun

Biasakan Pola Makan Sehat Sejak Kecil

3. Gunakan cara pintas untuk masak sehat

Pilihlah menu makanan yang membutuhkan bahan bumbu yang sederhana. Misalnya, hanya butuh irisan bawang putih, bawang bombay dan juga cabai. Semakin sedikit bumbu yang dibutuhkan, semakin hemat waktu memasak yang kamu punya. Lalu pilihkan sayuran yang cocok dicampurkan dengan bumbu-bumbu ini. Misalnya, capcay sayur yang hanya butuh sedikit wortel, daun sayur, kembang kol, kacang arcis, dan juga telur. Nah mulailah mencacah setiap bagian, menggoreng bumbu dan memasukkan sayuran. Hanya dalam waktu beberapa menit, sayuran sehatmu sudah siap disantap.

“Bahan masakan ini memang sedikit lebih mahal, tapi bisa menghemat waktu dan membantumu untuk makan sehat di rumah dalam jangka waktu yang panjang,” ucap Lindsay Livingston, ahli diet dari Colombus, Ohio.

4. Rajinlah membuat smoothie

Tips supaya kamu tetap hidup sehat lainnya adalah rajin membuat smoothie. Jus yang satu ini sangat baik buat kesehatan. Apalagi kalau kamu mengolah smoothie dengan kombinasi sayur-sayuran hijau. Atau smoothie buah-buahan yang dikombinasikan dengan kacang-kacangan yang kaya antioksidan serta yogurt. Duh, percaya saja saat kamu rutin melakukan selama sebulan saja maka pencernaan kamu akan mengalami detoksifikasi dan racun-racun di dalam tubuh akan keluar. Dari situ, kamu bisa kembali menerapkan pola makan sehat yang lebih baik.

5. Selalu sediakan makanan kemasan olahan sehat

Tips yang satu ini bisa membantumu untuk mencegah kelaparan di malam hari. Tak perlu waktu lama, kamu hanya butuh 10 menit saja untuk menyajikan makanan sehat ini di rumah. Jadi, tetaplah persiapkan stok ini di kulkas, mungkin tuna atau salmon kalengan, sayur-sayuran kemasan, ayam rebus beku, telur, kacang kalengan, saus spaghetti, sayuran fermentasi, atau pizza beku.

Daripada harus mengorbankan kesehatan jangka panjangmu dengan gorengan atau makanan tinggi MSG, lebih baikkan menerapkan 5 tips sederhana di atas. Sebelum terlambat, yuk mulai dari hari ini!

Sumber : Time.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nurayanti Simatupang 12 November 2018 - 19:28:13

Hasil dari tahapan kompilasi dalam menjalankan pro.. more..

0 Answer

Cristiandoko Cgenx 10 November 2018 - 06:19:44

Apakah saya bisa berkonsultasi,saya mohon bantuann.. more..

0 Answer

Marina Putri 9 November 2018 - 16:46:08

Ayat inti dari mandat budaya termbil dalam?

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 2


7221

advertise with us