Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
209


Sikat gigi sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh orang dewasa. Akan tetapi, momen belajar sikat gigi bagi si kecil sering kali tidak menyenangkan. Tak heran, momen perawatan gigi anak ini pun sering kali berubah menjadi "drama" karena keenggannya untuk mengikuti instruksi Moms dan Dads. Sebenarnya mengajari si kecil untuk menyikat gigi sangat mungkin dibuat lebih menyenangkan. Dengan beberapa cara berikut ini, Moms dan Dads bisa mengubah momen sikat gigi jadi sesuatu yang lebih menyenangkan.

1. Pilih sikat gigi karakter kartun

Cara pertama yang bisa Moms dan Dads lakukan untuk membuat si kecil mau menyikat giginya secara teratur adalah dengan memilih sikat gigi anak berbentuk karakter kartun. Bentuk dan karakter kartun pun dapat disesuaikan dengan favorit si kecil. Agar si kecil lebih bersemangat, Moms dan Dads bisa melibatkannya ketika memilih sikat gigi anak di supermarket. Biarkan si kecil memilih dan menentukan sendiri sikat gigi mana yang akan ia gunakan.

2. Pasta gigi berbagai rasa

Selain bentuk sikat gigi anak, Moms dan Dads juga bisa menggunakan pasta gigi berbagai rasa untuk membuat si kecil lebih semangat menyikat giginya. Jika perlu, tak ada salahnya untuk membeli pasta gigi dengan berbagai rasa sekaligus. Sebelum mengajaknya menyikat gigi, Moms dan Dads bisa bertanya terlebih dahulu pasta gigi rasa apa yang ingin ia gunakan di hari ini. Dengan begitu, si kecil tak akan merasa bosan karena dapat merasakan sensasi rasa pasta gigi yang berbeda setiap harinya.

3. Gunakan air hangat

Terkadang si kecil enggan menyikat gigi karena merasa tidak nyaman ketika harus berkumur dengan air dingin. Karena itu, Moms dan Dads bisa mengganti air kumur dengan air matang yang hangat. Selain lebih nyaman untuk perawatan gigi anak dan gusi si kecil, air matang yang hangat juga bisa mencegah perut si kecil menjadi kembung jika tak sengaja tertelan.

4. Lakukan bersama-sama

Anak adalah observer yang hebat. Mereka bertindak dengan mencontoh orang dewasa di sekitar mereka. Karena itu, daripada mengajarkan si kecil teknik menyikat gigi dengan bahasa yang sulit dimengerti, alangkah lebih baik jika Moms dan Dads mengajak si kecil untuk menyikat gigi bersama-sama. Dengan cara ini, si kecil akan lebih mudah memahami bagaimana cara menyikat gigi yang benar. Selain itu, ia juga akan lebih bersemangat karena memiliki teman untuk melakukan kegiatan bersama-sama. Jika si kecil memiliki kakak atau teman seusianya, tak ada salahnya juga untuk mengajak mereka menyikat gigi bersama.

5. Gunakan media cerita

Untuk membuat momen menyikat gigi menjadi lebih menyenangkan, Moms dan Dads bisa menyisipkan cerita ketika si kecil menyikat gigi. Misalnya mengenai kelinci yang sakit gigi karena malas menyikat gigi sebelum tidur. Moms dan Dads juga bisa bermain peran menjadi dokter gigi dan pasien yang memperagakan adegan menyikat gigi secara benar. Dengan cara perawatan anak yang menyenangkan ini, si kecil akan menganggap menyikat gigi sebagai sebuah kegiatan yang seru dan tidak sabar untuk menunggu momen sikat gigi selanjutnya.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Moms dan Dads lakukan untuk membuat si kecil lebih bersemangat menyikat giginya. Dengan cara yang tepat dan menyenangkan, tak akan ada lagi "drama" yang perlu dihadapi ketika mengajarkan cara menyikat gigi yang benar.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer

Khairul azman Azman 14 July 2018 - 23:16:37

Perancis

0 Answer

Nocalia Anggun Utami 14 July 2018 - 16:33:26

Bagaimana bebas dari hutang

1 Answer


Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Grace Natalia 2 June 2018 - 18:51:31
Shalom saya grace Saya mohon didoakan untuk diberi... more..

Banner Mitra Week  3


7189

advertise with us