Waspadai 5 Tanda Ini Kalau Mau Hubungan Bebas Dari Depresi!
Sumber: http://adevarul.ro/assets/adevarul.ro/MR

Single / 5 July 2018

Kalangan Sendiri

Waspadai 5 Tanda Ini Kalau Mau Hubungan Bebas Dari Depresi!

Inta Official Writer
1976

Depresi mempengaruhi pola pikir, perasaan dan tindakan kita. Dalam istilah medis, depresi merupakan gangguan suasana hati atau mood yang kalau tidak segera ditangani maka akan timbul masalah yang lebih serius, misalnya mengantarkan penderita pada keinginan bunuh diri.

Mereka yang depresi biasanya merasa sedih, kehilangan harapan, tidak berharga dan kerap menyalahkan diri sendiri. Salah satu penyebab depresi adalah pola hubungan yang tidak sehat. Berikut adalah 5 tanda kalau kita sedang berada pada sebuah hubungan tidak sehat yang seringkali memicu depresi.

1.  Terlalu mendominasi

Kemunculan depresi bisa dipicu oleh perasaan minder atau rendah dari orang yang berinteraksi dengan kita. Kehadiran pasangan yang mendominasi seringkali membuat kita merasa tertekan dan tidak nyaman. Sebuah hubungan yang sehat seharusnya dimulai dengan pola komunikasi yang seimbang.

2.  Sering menerima kritikan

Tidak semua hal yang kita lakukan mengantarkan kita pada pujian. Ada saat dimana kita merasa kalau ucapan yang diberikan oleh pasangan bersifat kritikan. Seringkali ucapan tersebut terdengar seperti sebuah serangan bahkan penghakiman yang dilayangkan oleh pasangan. Terlalu sering menerima kritikan dari pasangan dapat membuat kita kehilangan percaya diri, sehingga kita selalu merasa tidak pernah cukup’ pada setiap tindakan yang kita lakukan.

Baca juga: Wow, Lewat Persuasi, Aristoteles Ungkapkan 3 Cara Buat Jalin Komunikasi Yang Baik!

3.  Tukang ngontrol dan bossy

Berkomitmen dalam hubungan pacaran tidak berarti kita harus sepenuhnya mengikuti setiap perkataan pasangan. Perilaku tukang suruh-suruh alias bossy bisa memicu depresi untuk timbul.  Dalam beberapa kasus ada pasangan yang merasa kalau perlu terlibat dalam setiap keputusan personal seperti dalam hal keuangan, pertemanan, sampai karir.

Bagaimanapun, hubungan pacaran merupakan tahap pengenalan sebelum kita masuk dalam kehidupan pernikahan nantinya. Kalau kita merasa tindakan pasangan yang sering ikut campur dan bossy menjadi tidak nyaman, ada baiknya kita bergumul dan mengevaluasi apakah pasangan kita pantas untuk dipertahankan.

4. Pasangan Selalu benar  

Masalah akan timbul saat pasangan tidak mau mengakui kesalahannya dan membenarkan tindakannya tersebut. Sebuah hubungan yang sehat diperlukan dua orang yang terlibat. Pada setiap konflik yang terjadi memang bukanlah perkara salah siapa, tapi menempatkan pasangan sebagai pihak yang salah dapat membuat kita depresi sebab kita merasa powerless dalam hubungan tersebut.

5. Pasangan juga menderita depresi

Depresi bisa menular. Mereka cenderung melihat segala sesuatu dari kacamata negatif. Kalau kita ikut terlarut saat pasangan depresi, jangan heran kalau emosi kita juga akan ikut naik turun yang mengakibatkan kita juga ikut merasa depresi.

Kalau kita tidak ingin merasakan depresi dalam menjalani sebuah hubungan, ada baiknya kita waspada lima tanda di atas. Kalau ada salah satu dari tanda tersebut dalam hubungan kita, maka diskusikan dengan baik bersama pasangan. Komunikasi yang baik merupakan kunci dalam hubungan.

Oleh sebab itu, daripada kita terus menerus menyimpan perasaan tidak nyaman ini, ada baiknya kita mulai memberanikan diri dengan bersikap jujur atas sikapnya yang memperlihatkan tanda-tanda di atas. 

Sumber : self.com/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami