Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
374


Lingkungan pekerjaan sangat berpengaruh pada kualitas pekerjaan kita. Inilah alasan kenapa ada banyak perusahaan yang menjaga lingkungannya agar terkesan ramah dan menyenangkan. Pernahkah kita merasa sangat capek setelah berada di lingkungan pekerjaan tanpa ada alasan yang jelas? Layaknya vampir, lingkungan pekerjaan seperti ini menguras tenaga fisik dan emosional kita.

Tanpa kita sadari, seringkali kita merasakan suatu hal yang dinamakan sebagai toxic di lingkungan kerja. Seperti layaknya racun, lambat laun lingkungan pekerjaan tersebut akan membuat kita merasa tidak nyaman.

Dalam Artikel Inc Asia Tenggara, Profesor Jeffrey Pfeffer menjelaskan kalau adanya lingkungan yang 'Toxic' menyababkan lebih dari satu juta jiwa orang di Cina meninggal karena pekerjaan, lho. Kalau kita kehilangan energi karena pekerjaan yang menumpuk sih nggak masalah. Tapi seringnya kita berada ditengah-tengah 2 hal ini yang bikin energi kita terus tersedot. Yuk waspadai!

Kita dikelilingi dengan orang-orang yang tidak tepat

Lingkungan pekerjaan yang baik adalah sebuah wadah yang tepat untuk mengembangkan diri kita. Mereka terus mendorong kita agar menjadi pribadi yang lebih berkembang. Komunikasi melalui percakapan bersama orang-orang di kantor memang penting untuk dilakukan saat bekerja. Namun tidak semua percakapan akan menuntun kita pada sebuah solusi.

Coba lihat kiri kanan kita, apakah ada orang yang sering komplain, mengkritik setiap pekerjaan kita, mengintimidasi, membanding-bandingkan hasil pekerjaan kita bahkan selalu menyalahkan kita? Rasanya buat mereka, kita selalu berada di pihak yang salah.  

Saat kita merasa kalau tenaga kita sudah terlalu banyak terkuras oleh orang-orang yang seperti itu, cobalah untuk menghindari kontak secara langsung dengan mereka. Kalau memang hal ini tidak memungkinkan, jujurlah padanya dengan mengatakan kalau sikapnya ini sangat berpengaruh pada pekerjaan yang kita lakukan.

Baca juga: Suksesnya Start Up Di Asia Nggak Jauh-Jauh Dari Kebiasaan Menulis, Lho. Ini 3 Rahasianya!

Selalu merasa minder terhadap kapasitas yang dimiliki

Merasa rendah diri alias minder biasanya timbul dari beragam alasan. Kurangnya rasa percaya diri biasanya menjadi alasan umum seseorang mengalami minder. Saat kita merasa pekerjaan kurang cukup baik juga bisa membuat kita merasa down dan kehilangan semua energi yang kita miliki.

Sangat penting buat kita untuk memperbaiki diri dengan percaya diri. Percaya diri dapat membuat kita yakin pada kemampuan dan penilaian pada setiap tindakan atau kegiatan yang dilakukan. Saat kita merasa down, pikirkan kembali alasan kenapa kita harus mengerjakan perkerjaan tersebut. Pikirkan juga kesuksesan yang akan kita terima saat bisa mengatasi rasa minder tersebut.

Satu hal yang paling penting adalah dengan menjadi diri sendiri dan tidak membandingkan diri dengan orang lain. Walaupun pekerjaan yang kita lakukan nantinya tidak sesuai dengan hasil yang diharapkan, percayalah kalau lewat kesalahan tersebutlah kemampuan kita akan bertumbuh.

Lingkungan yang toxic seperti diatas bisa membatasi kita dalam melakukan hal terbaik pada setiap pekerjaan kita. Meskipun mudah menyebar seperti virus, kita harus menyadari kalau tidak pernah ada kata terlambat untuk memperbaikinya. Cobalah untuk menciptakan lingkungan pekerjaan yang selalu sukses bikin kita semangat setiap harinya dengan berada bersama orang-orang yang tepat dan percaya diri. 

Sumber : inc

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Wendry Alguerro 21 February 2019 - 00:27:41

Bagaimana melunasi hutang

0 Answer

Mei Santi 19 February 2019 - 12:28:15

Bebas dari hutang

0 Answer

Melva Rut Wewengkang 19 February 2019 - 11:44:09

Kesaksian

0 Answer


Richard 18 February 2019 - 20:46:28
Tolong Doakan agar hutang saya dapat berkurang.

Abigail Eleanor 11 February 2019 - 18:23:08
Tolong doakan saya lg mencari kerja..usia saya 35t... more..

A 8 February 2019 - 17:48:57
Tes

Viona 7 February 2019 - 10:54:05
Saya mohon dukungan dalam doa untuk pasangan hidup... more..

Banner Mitra Week 3


7236

advertise with us