Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
348


Siapa sih di antara kamu yang nggak ingin memiliki tubuh yang sehat ? Tentulah semua orang menginginkan hal ini, bukan karena semata-mata sehat dan umur panjang, tetapi menjaga kesehatan tubuh sudah seharusnya, sebab tubuh adalah bait suci Allah dimana Roh Kudus berdiam atas diri kita.

1 Korintus 6: 19-20: "Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!"

Jika tubuh kita sakit dan tak bisa berbuat apa-apa, lalu bagaimana kita bisa memuliakan Tuhan dengan tubuh kita?

Nah, jaman sekarang, ada banyak artikel yang menawarkan kita untuk memulai hidup yang sehat, dan salah satunya adalah mengkomsumsi makanan yang bergizi. Sehingga banyak diantara kita berlomba-lomba mengkomsumsi makanan bergizi.

Sayangnya, mengkomsumsi makanan yang bergizi dengan tidak seimbang bisa memperburuk kesehatan loh dan sering sekali kita salah mengira bahkan melebih-lebihkan nilai gizi dari makanan dan minuman karena cara mereka memasarkan.

Coba lihat, dibawah ini ada beberapa makanan yang mungkin nggak sehat dan tampak tidak berbahaya :

1. Keripik Pisang

Tampaknya pisang tidak begitu berbahaya, padahal keripik pisang sangat berbahaya apalagi bagi kamu yang berniat untuk diet.

Tahu nggak kalau ternyata keripik pisang itu mengandung hingga 10 gram lemak jenuh, hal itu karena pisang sering sekali direndam dalam minyak kelapa ketika mengalami proses menggoreng.

Jadi, selain membatasi diri sendiri untuk komsumsi keripik pisang, cobalah untuk memanggang pisang pada oven dengan suhu yang rendah daripada menggoreng dengan minyak kelapa. Hal ini dilakukan untuk menghindari gula tambahan dan bahan berbahaya lainnya selama pengolahan pisang.

2. Minuman olahraga

Dikutip dari Medical Daily, bahwa sebuah penelitian nggak menemukan perbedaan yang signifikan dalam pengukuran elektrolit antara pelari maraton yang mengkomsumsi minuman olahraga dengan mereka yang hanya minum air.

Dr Toy Madsen, seorang dokter ruang gawat darurat dari rumah sakit di Universitas Utah, mencatat bahwa orang yang tidak atau mengkomsumsi minuma olahraga juga nggak merasakan perbedaan seperti kram, mual atau gejala-gejala lain.

"Jadi, jika kamu merasa dengan mengkomsumsi minuman olahraga bikin perbedaan untuk tubuh kamu, lakukanlah," katanya.

"Jangan juga kamu merasa sepertinya harus menghabiskan uang untuk banyak hal. Minum air juga baik-baik saja. Intinya tetaplah terhidrasi ketika kamu sedang olahraga."

3. Granola

Granola memang dikategorikan sebagai pilihan sarapan yang sehat karena mengandung protein, zat besi, serat dan banyak hal. Namun, kita perlu berhati-hati dalam mengkomsumsinya, karena granola juga bisa mengandung minyak terhidrogenasi dan sejumlah besar gula.

So, pilihlah merek granola dengan sedikit tambahan gula dan pastikan untuk tidak memakannya dengan berlebih.

"Jumlah ideal komsumsi granola adalah seperempat atau sepertiga cangkir bukan satu mangkuk," kata Melissa O'Shea, seorang direktur nustrisi di Exhale Spa.

4. Buah kering

Yang dimaksud dengan buah kering adalah semacam manisan kering seperti kulit jeruk dll.

Perlu kita ketahui bahan buah-buah kering mengandung bahan pengawet seperti belerang dioksida agar bisa disimpan lebih lama loh.  Dewan komsumen Hong Kong menemukan setidaknya satu jenis pengawet ketika mereka menguji 50 sampel dari pasar pada tahun 2012.

"Meskipun toksisitasnya rendah, sulfur dioksida dapat menyebabkan reaksi alergi seperti serangan asma, sakit kepala dan mual pada beberapa orang yang sensitif terhadap bahan kimia," kata Profesor Ron Hui Shu-yuen, Wakil ketua komite hubungan masyarakat dewan.

Apa yang kita pikir baik memang belum tentu baik, dan apa yang kita kira tidak baik juga belum tentu baik. Semoga dengan 4 kebenaran di atas, kita bisa belajar lebih banyak lagi untuk memilih makanan apa yang harus kita komsumsi ya! Tuhan Yesus memberkati.

Sumber : medicaldaily/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Lamris Silaban 19 July 2018 - 18:38:58

Suami saya seorang penatua gereja. Sebagai istri s.. more..

0 Answer

Fred D Hunter Nainggolan 18 July 2018 - 09:43:25

Mengapa perbuatan yang salah itu tidak selalu bena.. more..

2 Answer

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7187

advertise with us