Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
229


Orangtua mana sih yang nggak pengen anaknya tumbuh menjadi sosok yang baik  di masa depan?

Menjadi sosok yang bisa dibanggakan dan mengharumkan nama keluarga serta memuliakan nama Tuhan?

Hampir semua orangtua menginginkan yang terbaik, demikian bagi anak-anaknya.

Namun ada berapa banyak diantara kamu yang merasa kuatir dan bingung mendidik anak dengan cara sepeti apa?

Kemarin teman saya yang baru melahirkan bercerita bahwa dia mengadakan meeting berdua dengan suami gimana cara mendidik anak mereka nanti. Mulai dari cara menyuruh, cara marah kalau anak salah dll.

Mendengar hal itu, saya tahu betapa orangtua memiliki beban tanggung jawab dalam hal mendidik yang harus serba hati-hati, dan betapa kuatirnya orangtua terhadap cara asuh mereka sendiri.

Karena cara asuh dan cara membimbing anak-anak akan mempengaruhi masa depan mereka. Menurutku, itu sudah harga mati!

Tuhan sudah memberikan instruksi untuk menjadi orangtua. Bahkan dalam Alkitab, ada banyak ayat yang bisa mengurangi rasa kuatir kamu sebagai orangtua dalam mendidik dan membimbing anak.

Bacalah ini dan ketahui kebenarannya :

1. Anak-anak adalah milik pusaka Allah (Mazmur 127:3)

"Sesungguhnya, anak-anak lelaki adalah milik pusaka dari pada Tuhan, dan buah kandungan adalah suatu upah."

Dua orang yang sedang jatuh cinta dan berjanji untuk saling menghormati di hadapan Tuhan dan seluruh keluarga mereka, pada waktunya akan dikaruniai anak.

Alkitab memberitahu kita bahwa anak kita adalah karunia. Salah satu cara anak-anak kita mengetahui ini adalah dengan mengharai mereka seperti hadiah dari Allah. Sepatutnya kita bersyukur kepada Tuhan untuk anak-anak kita setiap hari, sekalipun ada beberapa hal yang anak kita bikin yang tak memberkati kita.

Hana berdoa untuk seorang anak. Tahun demi tahun kemandulannya menghancurkan hatinya. Dia menginginkan seorang anak lebih dari apapun. Suatu hari, Tuhan menjawab doanya dan Hana membesarkan anaknya untuk mengikuti Tuhan seperti yang dijanjikannya.

2. Tuhan mengetahui masa depan anak-anak, sebab Dia merajut ketika dia didalam rahim ibu

" Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. Aku bersyukur kepadaMu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. Tulang-tulangku tidak terlindung bagiMu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembuyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi paling bawah; mataMu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitabMu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun daripadanya. Dan bagiku, betapa sulitnya pikiranMu, ya Allah! Betapa besar jumlahnya! Jika aku mau menghitungnya, itu lebih banyak dari pada pasir. Apabila aku berhenti, masih saja aku bersama-sama Engkau." (Mazmur 139:13-18)

Dalam ayat-ayat ini, kita belajar bahwa Tuhan merajut anak kita di dalam rahim ibunya. Nggak ada yang kebetulan. Setiap detail adalah desain dari Tuhan. Ketika seorang anak memahami bahwa Tuhan menciptakannya, maka akan mudah baginya untuk menerima perbedaan yang mulai ia perhatikan.

Dengan mereka mengetahui betapa Tuhan peduli setiap detail hidupnya, maka mereka akan merasa betapa Tuhan sangat mencintai mereka.

3. Kedisiplinan memang sakit, tetapi menghasilkan panen kebenaran dan kedamaian bagi hdup mereka

"Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya." (Ibrani 12:11)

Ayat ini memberitahu kita bahwa Tuhan berada di belakang dari kedisipilinan. Tuhan mendisiplikan mereka yang dicintaiNya, dan anak-anak juga perlu mengtahui ini. Mereka didisipilinkan karena cinta.

Memang disiplin itu menyebalkan dan menyakitkan, tetapi akan menghasilkan kebenaran jika mereka membuka hati mereka untuk melakukannya.

Nah itu dia firman Allah yang orangtua bisa baca dan renungkan dalam mendidik anak-anak. Jangan kuatir, sebab Tuhan akan bimbing kamu untuk mendidik anak-anakmu. Andalkan Dia dalam segala hal!

 

Sumber : crosswalk/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Lamris Silaban 19 July 2018 - 18:38:58

Suami saya seorang penatua gereja. Sebagai istri s.. more..

0 Answer

Fred D Hunter Nainggolan 18 July 2018 - 09:43:25

Mengapa perbuatan yang salah itu tidak selalu bena.. more..

2 Answer

Wuritimur Febby 15 July 2018 - 19:49:36

Bekerja mengikuti mut

0 Answer


Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Christa Tita 6 July 2018 - 00:22:37
Mohon dukungan doanya, saya sedang bergumul dalam ... more..

Dina Mariani 30 June 2018 - 10:27:48
Syalom... Saya mohon dukungan doa dari saudara/i y... more..

MyAryaputra 12 June 2018 - 16:39:42
Mohon dukungan doa untuk pendanaan pembelian tanah... more..

Banner Mitra Week  3


7187

advertise with us