Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
1381


Seorang imam Muslim di Nigeria yang menyaksikan ratusan orang datang dengan putus ada dan ketakutan ke desanya pada Sabtu, 30 Juni 2018, memutuskan untuk mempertaruhkan hidupnya untuk menyelamatkan mereka.

Meskipun orang-orang ini diketahui berasal dari desa seberang, yang mayoritas Kristen, namun sang imam tetap membantu.

Seperti diketahui, ratusan orang ini melarikan diri dari desanya setelah diserang oleh sekitar 300 pria bersenjata Muslim. Para pelaku diserang dengan tembakan bertubi-tubi dan membakar rumah-rumah mereka.

Beberapa dari mereka berhasil melarikan diri ke desa lainnya, termasuk desa Muslim yang dihuni oleh imam Muslim tersebut.

Setiba di sana, sang imam tersebut pun membantu korban serangan dengan menyembunyikan sebanyak 262 orang yang terdiri dari pria, wanita dan anak-anak di dalam masjid. “Pertama-tama aku menyembunyikan para wanita ke rumahku. Kemudian aku membawa yang lain ke masjid,” terang sang imam yang tak disebutkan namanya itu untuk alasan keselamatan.

Sayangnya, tindakan itu diketahui oleh para pelaku penyerangan yang dikenal sebagai kelompok teroris garis keras Fulani. Sang imam didesak untuk membawa keluar orang-orang yang ia sembunyikan. Tapi dia menghalangi para pelaku untuk masuk ke masjidnya dan mulai memohon dengan bersujud di depan anggota kelompok Fulani.

Baca Juga : Mengerikan, Lebih Dari 200 Orang Kristen Nigeria Tewas Dibantai pada 23-24 Juni Lalu!

Bersama dengan sejumlah warga Muslim lainnya, mereka mulai menangis dan memohon supaya meninggalkan desa mereka. Menyaksikan hal itu, kelompok teroris itu akhirnya pergi meninggalkan desa dan memilih membakar dua gereja di sekitar desa tersebut.

Akhirnya mereka bernapas lega. Perjuangan menolong saudara-saudara Kristen mereka tak sia-sia. Sang imam mengaku tindakan itu dilakukan bukan karena tanpa alasan melainkan sebagai bentuk balasan atas kebaikan orang-orang Kristen di daerah itu. Sebab lebih dari 40 tahun silam, orang Kristen mengijinkan umat Muslim membangun masjid di desa tersebut. Umat Kristen di desa itu juga dengan rela menghibahkan sebidang tanah kepada warga Muslim.

“Karena kami sudah hidup bersama, kami belum pernah mengalami insiden buruk seperti serangan pada Sabtu (30/6),” kata salah seorang pemimpin agama di sana.

Sementara orang Kristen yang jadi korban serangan mengaku bersyukur dan berterima kasih atas bantuan sang imam.

“Sejak mereka membawa kami ke masjid, tak sekalipun mereka meminta kami pergi. Bahkan mereka tak memakainya untuk berdoa. Mereka menyediakan makan malam dan siang untuk kami dan kami sangat berterima kasih,” kata kepala desa setempat.

Para korban pun memilih tinggal selama lima hari di desa tersebut. Kemudian mereka dipindahkan ke kamp khusus penampungan.

Sampai saat ini, ada lebih dari 2000 orang yang tinggal di kamp pengungsian. Sementara sebagian lainnya tinggal bersama kerabat dan teman dekatnya. Belum diketahui persis kapan kemungkinan mereka akan kembali ke kampung halamannya karena kondisinya masih dianggap berbahaya. Selain itu, para pelaku bahkan sudah menghancurkan semua rumah mereka. Bahkan seorang pendeta dinyatakan tewas setelah dibakar hidup-hidup di dalam rumahnya.

Kita patut bersyukur karena sekalipun berbeda keyakinan, warga Muslim ini rela menanggung risiko demi menyelamatkan orang-orang Kristen yang teraniaya. Mari berdoa supaya pemerintah Nigeria bertindak tegas terhadap kelompok teroris Fulani.

Sumber : Bbc.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

iqbal rahmat 19 November 2018 - 21:26:59

The underlined word refers to

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7220

advertise with us