Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
418


Protein adalah salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Seperti air, protein merupakan zat yang paling melimpah di dalam sel tubuh. Tubuh kita terbentuk dari struktur protein yang diproduksi dalam bentuk yang beraneka ragam dengan memanfaatkan sumber makanan yang mengandung protein setiap kali kita makan.

Protein sendiri berfungsi untuk menambah energi, mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh, membekukan darah, melawan infeksi, mengangkut zat masuk dan keluar dari sel, mengendalikan reaksi kimia dan membawa pesan dari satu bagian tubuh ke tubuh lainnya.

Sementara saat tubuh kita kekurangan protein, kemungkinan beragam penyakit pun bisa muncul mulai dari kanker, malnutrisi, dan penyakit pencernaan seperti penyakit Crohn (yang tak terdeteksi).

Nah, supaya lebih tahu soal kondisi kesehatanmu. Yuk coba periksa dari 5 ciri-ciri ini:

#1  Tulang Rapuh

Tulang butuh asupan lebih dari sekadar kalsium yang tinggi. Karena tulang juga butuh cukup banyak protein yang berfungsi membantu melindungi tulang.

Nah, waktu tubuh tak mendapat cukup asupan protein, maka tubuh dan otak kita akan kekurangan bahan bakarnya. Saat kondisi ini terjadi, maka tubuh akan menyedot sumber protein dari bagian tubuh lain, termasuk jaringan otot. Tanpa bantuan dari jaringan otot yang kuat, maka tulang akan rentan mengalami cedera seperti patah tulang.

#2  Rambut dan Kuku Mengalami Kerapuhan

Protein berfungsi mendukung pertumbuhan organ tubuh, termasuk rambut dan kuku. Jadi, saat tubuh kekurangan asupan ini bagian tubuh seperti rambut dan kuku akan mengalami kerapuhan dari waktu ke waktu. Kerontokan akan terus menerus terjadi sampai lambat laun kepala akan botak.

#3  Berat Badan Terus Menurun

Biasanya seseorang yang tak mendapatkan asupan protein yang cukup akan berdampak buruk pada massa tubuh. Untuk memenuhi asupan protein, tubuh sendiri akan mengambilnya dari bagian tubuh yang berotot dan mentransfernya ke bagian tubuh yang lain. Ketika kondisi ini terjadi dalam jangka waktu yang panjang, yang terjadi adalah berat badan akan turun secara lambat laun.

Baca Juga :

Kedelai, Sumber Protein Yang Dikonsumsi Sejak Ribuan Tahun

11 Cara Sehat Memenuhi Kebutuhan Protein

#4  Mudah Merasa Lelah

Seseorang yang kekurangan protein bisa ditandai dari ciri-ciri semakin melemahkan tubuh, mudah merasa lelah dan gerakannya yang begitu lamban. Hal ini terjadi karena massa otot di dalam tubuh yang semakin menurun dan menyebabkan organ tubuh sedikit terhambat dalam melakukan tugasnya sebagaimana orang sehat pada umumnya.

#5  Mudah Sakit

Salah satu fungsi protein adalah sebagai antibodi yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Nah, saat protein dalam tubuh tak memadai maka sistem kekebalan tubuh akan menurun. Akibatnya, tubuh akan lebih rentan terserang penyakit.

Apakah kamu sedang mengalami salah satu dari 5 ciri-ciri di atas? Segera penuhi asupan proteinmu dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang tinggi protein. Kamu bisa mendapatkannya dari daging, ikan salmon, kacang-kacangan (kedelai, kacang polong, biji-bijian) dan juga telur.

Kalau kamu masih belum merasa yakin dengan kesehatanmu, cobalah memeriksakan diri ke dokter. Pastikan kamu tahu persis kondisi kesehatanmu dengan rinci.

Sumber : Health.con/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

iqbal rahmat 19 November 2018 - 21:26:59

The underlined word refers to

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7220

advertise with us