Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
655


Saat kita mendengar kata move on, pikiran yang ada dalam otak kita pasti tentang sebuah hubungan sama pasangan yang telah gagal. Padahal dalam kondisi sehari-hari, kita juga sering dihadapkan pada sebuah keadaan yang bikin kita down dan kecewa. Kalau kita abai atau bahkan berlarut-larut pada kondisi tersebut, maka kesehatan emosional kita bisa terganggu, lho.

Kita perlu tahu sangat penting buat diri sendiri menyadari setiap emosi yang ada dalam diri kita. Kalau kata bapak psikolog dunia Sigmund Freud, "Unexpressed  emotions will never die. They are buried alive and will come forth later in uglier ways.” Jadi, jangan pernah kubur perasaan kita dan lakukan 6 teknik TUMBUH ini, yuk.

1. Tetapkan tujuan  

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menyadari kalau kita sedang berada pada kondisi dimana kita sedang merasakan kecewa, sedih, dan diliputi perasaan lain yang bikin kita down. Semua emosi ini perlu diutarakan dan disadari dari diri kita.

Mungkin kita merasa sendiri dan butuh orang lain sebagai tempat cerita, inilah saat yang paling tepat untuk meluangkan waktu bersama Tuhan. Ceritakan setiap masalah kita kepada Tuhan, sebab Ia adalah pribadi yang paling tepat yang memahami kita secara mendalam.

Setelah menghabiskan waktu bersama Tuhan, kita akan menyadari kalau perasaan-perasaan di atas bikin kita kehilangan arah. Inilah sebabnya kita perlu menata ulang kehidupan kita lewat tujuan yang jelas. Jelas disini dimaksudkan agar kita tidak lupa untuk menyertakan batas waktu dan  tolak ukur secara spesifik. Mintalah Tuhan untuk menuntun setiap langkah dan tujuan yang akan kita ambil kedepannya, ya.

2. Ungkapkan Fakta

Setelah menetapkan tujuan atau goal, kita perlu menyadari fakta yang bisa membantu dalam mencapai tujuan yang telah kita buat berikut dengan tantangan-tantangan yang akan kita hadapi. Misalnya Tujuan kita adalah untuk menulis sebuah buku, maka fakta yang akan kita temukan adalah:

  1. Sudah mendapatkan judul yang tepat sebagai bahan tulisan
  2. Ada rekan-rekan yang mendorong dalam melaksanakan tujuan kita
  3. Kesulitan dalam mencari riset tentang bahan tulisan, dan lain sebagainya.

3. Membuat daftar pilihan

Fakta-fakta yang sudah kita tulis diatas akan mengantarkan kita pada sebuah daftar pilihan. kita punya fakta kalau ada teman-teman yang mendorong dalam menulis buku, maka mengajak mereka untuk ikut terlibat dalam riset bisa sangat membantu kita agar buku yang menjadi tujuan segera rampung.

Baca juga: Menjalin Hubungan Dengan Tuhan Nggak Harus ‘Maksa’ Jadi Sempurna, Ini 4 Alasannya

4.  Bertindak

Pilihan-pilihan di atas akan mengantarkan pada tindakan mana dahulu yang harus kita lakukan. Pilihlah satu hal yang perlu kita segera lakukan. Misalnya setelah membaca artikel ini kita akan langsung mulai menulis prolog cerita.

5. Undang dukungan

Kayaknya kurang lengkap kalau punya tujuan tanpa mengumbarnya ke orang-orang terdekat. Melibatkan orang lain bukanlah tindakan yang buruk, kok. Dengan memberi tahu mereka, kita jadi menyadari kalau ada orang-orang yang mendukung tindakan kita, sekaligus ada mereka yang aka berperan sebagai orang-orang yang mau mengingatkan untuk mencapai tujuan.

6. Hadapi!

Mungkin kita akan mengalami yang namanya jenuh dalam perjalanan menuju tujuan tersebut. Mungkin akan ada orang lain yang bikin kita moodnya naik turun, ada juga kemungkinan-kemungkinan lain yang akan terjadi. Namun ingatlah kalau selalu ada kesempatan lain untuk memperbaiki diri. Sebab semakin sering kita mengalami kesulitan dan berhasil keluar dari hal tersebut, maka sikap kita akan menjadi semakin dewasa.  

Tujuan yang kuat dapat mengatasi setiap hati yang terluka. Karenanya, buatlah sebuah tujuan yang baik bagi diri sendiri dan sesuai dengan kehendak Tuhan. Walaupun nanti kita menghadapi kegagalan, hadapilah, buat tujuan baru, kemudian ulangi tiap-tiap tahapan di atas.

 

 

Sumber : Bukan Move On Biasa/Pingkan Rumondor

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

iqbal rahmat 19 November 2018 - 21:26:59

The underlined word refers to

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7220

advertise with us